Sukses

Lifestyle

7 Kesalahan Umum yang Sering Kali Dilakukan Para Orangtua

Fimela.com, Jakarta Tak ada yang mengatakan kalau jadi orangtua adalah perihal yang mudah. Sebagai manusia biasa, mereka pun kerap melakukan kesalahan. Supaya bisa belajar dari kesalahan tersebut, sebaiknya para orangtua harus mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang sering kali dilakukan.

#1

Enggak membuat rencana dalam jangka panjang. Para orangtua harus menyadari kalau anaknya akan mengalami fase-fase tertentu hingga ia dewasa. Dalam fase tersebut, kalau mereka enggak merencanakan tindakan terhadap hal-hal yang mendera sang anak, akibatnya bisa fatal bagi keduanya. Entah si anak kehilangan rasa percaya sama orangtuanya sendiri atau orangtuanya akan diselimuti rasa bersalah.

7 Kesalahan Umum yang Sering Kali Dilakukan Para Orangtua. | via: jackjsbae.tumblr.com

#2

Enggak mengutarakan harapannya secara jelas. Seorang anak tentu ingin membahagiakan orangtuanya, dengan melakukan hal-hal yang jadi harapan keduanya. Namun, kalau dari pihak orang tua enggak mengutarakan secara jelas tentang harapan mereka, bagaimana si anak bisa mewujudkannya?

7 Kesalahan Umum yang Sering Kali Dilakukan Para Orangtua. | via: shortandsweetsblog.blogspot.com

#3

Enggak tegas dalam memberikan konsekuensi. Bukannya harus selalu 'main tangan', tapi lebih kepada menemukan metode yang tepat agar si anak tahu persis tentang konsekuensi yang akan ditanggungnya kalau melakukan hal-hal tertentu. Dengan demikian, ia bisa belajar untuk bertanggung jawab akan perbuatannya.

7 Kesalahan Umum yang Sering Kali Dilakukan Para Orangtua. | via: rebloggy.com

#4

Memanjakannya. Kalau dalam beberapa keadaan sih masih sah-sah aja, tapi kalau all the time kayanya udah enggak sehat juga. Ia enggak akan merasakan dunia yang sesungguhnya. Nanti, kalau berjalan ke 'dunia luar' dikhawatirkan ia enggak bisa tahan banting. Karena hidup kan enggak melulu mendapat kenikmatan.

7 Kesalahan Umum yang Sering Kali Dilakukan Para Orangtua. | via: artnaz.com

#5

Enggak punya ekspektasi yang tinggi. Dream big or not dream at all. Harusnya para orangtua harus menyiapkan mimpi anaknya setinggi mungkin. Dengan catatan, itu realistis, mereka membantu sang anak untuk meraihnya, dan tanyakan pada anak tersebut apakah itu sesuai sama passion dirinya.

7 Kesalahan Umum yang Sering Kali Dilakukan Para Orangtua. | via: theartmad.com

#6

Selalu menolong di saat-saat sulit. Lagi-lagi, ini enggak salah kalau mereka enggak melakukannya setiap saat. Biarkan sang anak belajar dari kesalahan yang diperbuatnya. Biarkan dirinya mencari solusi akan satu masalah.

7 Kesalahan Umum yang Sering Kali Dilakukan Para Orangtua. | via: artnaz.com

#7

Membiarkan ia mendapatkan apa yang ia mau tanpa ada pertimbangan apakah itu masuk ranah ingin atau butuh. Biarkan anak makan karena ia lapar, bukan karena ia ingin makanan penutup.

7 Kesalahan Umum yang Sering Kali Dilakukan Para Orangtua. | via: norrisphoto.com

Kalau kamu tahu kesalahan-kesalahan umum lain yang biasa dilakukan oleh para orangtua, langsung tambahkan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: 21 Hal Dewasa yang Jadi Sempurna Sejak Tinggal Jauh dari Orangtua

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading