Sukses

Lifestyle

Tim Jupiter di HUT RI Ke-70, Bukti Tangguhnya TNI AU

Fimela.com, Jakarta Tim Aerobatik Jupiter Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) atau Jupiter Aerobatic Team (JAT) merupakan skadron khusus yang dibentuk pada 1996. Mereka punya tugas khusus mewarnai langit terutama pada HUT RI ke-70 kali ini.

Tim Aerobatik Jupiter TNI AU. (www.facebook.com)

Namun mereka sempat vakum pada 2002 dan muncul lagi pada 2008. Mereka lah di balik aksi memukau pertunjukan fly pass di Istana Negara saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-70.

Kalau kamu ngeliat pertunjukan udara beberapa waktu lalu tergelar di langit Indonesia, gak salah lagi, Tim Jupiter sedang latihan untuk pertunjukan 17 Agustus tahun ini.

Salah satu posting foto Tim Aerobatik Jupiter TNI AU. (www.facebook.com)

Apa saja yang perlu kamu ketahui tentang Tim Jupiter? Berikut ulasan Bintang.com buat kamu.

#Tim Jupiter saat ini terdiri dari 12 anggota. 6 penerbang inti (Front Seat) dan 6 backseaters.

Tim Aerobatik Jupiter TNI AU. (www.facebook.com)

#Backseaters yakni sebutan penerbang JAT yang duduk di kursi belakang. Tugasnya lebih berat lho, guys, yakni melindungi para penerbang inti JAT dari hal-hal gak memungkinkan.

Tim Aerobatik Jupiter TNI AU. (www.facebook.com)

#Gak selamanya penerbang inti menduduki jabatannya. Backseaters pun bisa menjalankan proses untuk menjadi Tim Jupiter Front Seat selanjutnya. Bahkan anggota front seat bisa dikirim buat sekolah lagi biar kemampuannya bertambah.

Tim Jupiter Aerobatic TNI AU beraksi dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 TNI AU Tahun 2015 di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (9/4/2015). Acara tersebut menampilkan demo darat dan atraksi udara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

#Pada fly pass di Istana Negara dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, TNI AU menggunakan 10 pesawat T-50i Golden Eagle dan 3 pesawat tempur F-16.

Tim Jupiter Aerobatic TNI AU (Liputan6.com/Herman Zakharia)

#Fly pass sebenarnya tradisi baru dalam memperingati kemerdekaan. Fly Pass pertama diadakan pada 2011. Aksi ini diadakan untuk menunjukkan wilayah udara Indonesia sangat penting bagi negara ini. Fly pass juga membuktikan kekuatan TNI AU sangat perkasa, tak kalah dari negara lain.

Tim Jupiter TNI AU | Via: beritasumut.com

Itu tadi sejumlah fakta-fakta unik Tim Jupiter TNI AU yang perlu kamu ketahui. Ini membuktikan kemampuan para prajurit Indonesia memang luar biasa, terutama menjaga keamanan negeri ini. Selamat Hari merayakan HUT RI ke-70, MERDEKA!

Baca juga: Bangga! TNI AD Indonesia Menang Lomba Tembak di Australia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading