Sukses

Lifestyle

Selain Aylan Kurdi, 7 Potret Pengungsi Suriah Ini Menyayat Hati

Fimela.com, Jakarta Satu potret memilukan yang tak akan kamu lewatkan dari media minggu ini adalah Aylan Kurdi, bocah tiga tahun asal Suriah yang ditemukan meninggal di pantai Turki. Krisis pengungsi memang melanda Eropa. Konflik di Suriah yang telah berkecamuk sejak empat tahun yang lalu membuat warganya berbondong-bondong mencari tempat tinggal yang lebih aman.

Namun, tak hanya Aylan Kurdi yang jadi satu 'wajah' nestapa Suriah, potret-potret berikut ini pun tak kalah menyayat hati.

Seorang perempuan mencari keluarganya di Makedonia. Mereka hendak melewati blokade polisi di sepanjang jalur kereta yang jadi perbatasan menuju Yunani.

Seorang perempuan mencari keluarganya di Makedonia. | via: Boris Gradanoski/Associated Press

Seorang anak menangis di antrean penungsi yang hendak menaiki kereta. Potret memilukan ini diambil di Budapest, Hungaria. Melonjaknya jumlah pengungsi Suriah membuat mereka harus rela berdesakan demi menaiki kereta.

Seorang anak menangis di antrean penungsi yang hendak menaiki kereta.. | via: Petr David Josek/Associated Press

Keluarga pengungsi berbaring di jalur kereta di Hungaria. Tanpa makanan dan minuman, para pengungsi Suriah memadati Stasiun Pusat Budapest minggu ini. Berharap meraih 'tanah impian' untuk kembali hidup dengan keluarganya.

Keluarga pengungsi berbaring di jalur kereta di Hungaria. | via: Petr David Josek/Associated Press

Tangisan pilu seorang Ayah yang berhasil membawa anaknya mengungsi ke Yunani. Seorang photographer yang bekerja untuk New York Times, Daniel Etter, lah yang berhasil mengabadikan moment ini.

Terjadi keributan antara pengungsi dengan petugas kepolisian di perbatasan Makedonia. Konflik yang terjadi di Suriah membuat para pengungsi rela meninggalkan rumah dan mencari tempat yang lebih aman.

Terjadi keributan antara pengungsi dengan petugas kepolisian di perbatasan Makedonia. | via: Darko Vojinovic/Associated Press

Menyelamatkan diri dari perahu yang tenggelam di Rhodes, Yunani. Tak hanya jalur darat, berlayar melalui Laut Mediterania pun dilakoni para pengungsi dari Suriah.

Menyelamatkan diri dari perahu yang tenggelam di Rhodes, Yunani.. | via: Loukas Mastis/EPA

Perpaduan turis dan pengungsi di Kos, Yunani. Terkenal sebagai destinasi traveler, sekarang Kos tak hanya dipadati oleh turis, melainkan juga pengungsi.

Perpaduan turis dan pengungsi di Kos, Yunani. | via: Yorgos Karahalis/Associated Press

Kalau kamu juga pernah melihat potret memilukan para pengungsi selain Aylan Kurdi, langsung tambahkan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: 9 Potret Keluguan Aylan Kurdi, Bocah Suriah yang Tewas di Pantai

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading