Sukses

Lifestyle

Terkesima oleh Syahdunya Pemandangan Pluto dari New Horizon

Fimela.com, Jakarta Setelah sebelumnya NASA merilis foto permukaan Pluto dari jauh, baru-baru ini dirilis lagi foto Pluto dari jarak lebih dekat. Foto-foto ini diambil dari wahana New Horizon yang juga memotret planet kerdil ini dari jauh. Kalau didekati, ternyata Pluto adalah planet yang cantik. Berikut Bintang.com akan menampilkan beberapa fotonya. Cekidot!

Berjarak 5,9 juta kilometer dari Matahari, Pluto selama ini dibayangkan sebagai dunia yang gelap. Foto yang diambil New Horizon saat melintas dekat Pluto pada 14 Juli 2015 ini menunjukkan bahwa salah satu wilayah Pluto yang kala dipotret adalah perbatasan siang dan malam memiliki wajah yang unik.

New Horizon | via: nasa.gov

New Horizon lewat data yang baru diterima NASA pada pertengahan September juga mengungkap bahwa permukaan Pluto sebenarnya juga kaya warna. Wajah Pluto yang diambil dengan kamera Ralph/Multispectral Visual Imaging Camera (MVIC) menunjukkan, warna-warna di Pluto meliputi biru pucat, kuning, oranye, dan merah gelap.

Pluto memiliki wajah beragam. Salah satu daerahnya tampak menyerupai sisik bila dilihat dari antariksa | via: nasa.gov

Daerah Pluto adalah lansekap unik dan membingungkan yang merentang sejauh ratusan kilometer. Permukaan planet ini lebih mirip kulit pohon atau sisik naga daripada geologi. Belum jelas mengapa permukaan pluto bisa menyerupai sisik naga. Namun, seorang peneliti NASA menduga itu karena paduan aktivitas tektonik dan sublimasi es.

Meski jauh dari matahari, pluto ternyata dunia yang berwarna-warni | via: nasa.gov

Wilayah lain Pluto yang disebut Sputnik Planum dalam citra resolusi tinggi tampak sebagian besar halus, tetapi dihiasi bopeng. Menurut tim NASA, bopeng itu terdiri dari lubang, bukit, dan pegunungan. Di pegunungan itu terdapat es yang gampang sekali menguap.

Sputnik Planum yang memiliki bopeng | via: nasa.gov

 

Ternyata dibalik kesan misterius yang selama ini dikenal orang-orang tentang Pluto, ada banyak hal yang belum dijelajahi dan bikin penasaran, ya?

 

Baca juga: NASA Rilis Foto Permukaan Pluto dari Jarak Dekat

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading