Sukses

Lifestyle

4 Alasan Kenapa Cina Jadi Negara yang Sukses

Fimela.com, Jakarta Siapa sangka Cina, negara yang dulunya menderita kelaparan kini menjadi salah satu negara adi daya. Mungkin kamu masih ingat betapa masyarakat Henan, tahun 1942-1943 menderita kelaparan. Saking sulitnya mendapatkan makanan, mereka rela menjual anak dan istri demi satu kantung beras. Seperti yang dilaporkan jurnalis Theodore H. White, masyarakat Henan sempat saling 'memangsa' untuk menyelamatkan diri dari ancaman kematian akibat rasa lapar yang dahsyat. 

Cina kemudian bangkit dan memimpin perekonomian dunia. Cina memang sempat dikenal sebagai negara "penjiplak segala hal." Dengan menerapkan sistem memproduksi lebih banyak dan lebih murah, produk Cina ternyata juga mendapatkan pasar di negara-negara berkembang. 

Tapi, Cina yang sekarang berbeda. Telah lama negeri yang memiliki tembok terpanjang di dunia ini sudah belajar untuk berinovasi dan meninggalkan metode lamanya yang selalu 'menjiplak' ide siapa pun. Tidak mudah untuk mendirikan sebuah negara, membangkitkan bangsa yang sempat terpuruk dan sengara. Karenanya, Bintang.com kali ini akan memberikan jawaban kenapa Cina begitu tangguh sekarang. Dan bagaimana mereka mencapai kesuksesan yang gemilang.

Pemerintahan otoriter. Cina termasuk negara yang sangat konsisten. Pemerintah Cina telah berkomitmen untuk fokus terhadap pertumbuhan ekonomi. Cara yang sangat ampuh dalam membalikkan keadaan dari yang terpuruk menjadi gemilang adalah dengan pemerintahan otoriter. Sejak Deng Xiaoping, revolusioner Cina sekaligus negarawan, tidak ada nada, irama, dan aturan yang berubah. Termasuk ideologi dan kepemimpinan politiknya. 

4 Alasan Kenapa Cina Jadi Negara yang Sukses | via: resurgentdictatorship.org

Bukan hanya masyarakatnya, tapi negaranya juga pintar berhemat. Cina berhasil bangkit karena satu alasan yang sederhana. Berhemat. Cina menghimpun gaji para pekerja di empat bank negara besar sebagai dana pembangunan negara. Hebatnya, 85% pembangunan negara ini berasal dari modal tersebut. 

4 Alasan Kenapa Cina Jadi Negara yang Sukses | via: time.com

Fokus dan tetap berkomitmen pada ekonomi makro. Konsistensi Cina pada pasar yang besar telah membawa negara ini sukses, dengan cara menjadikan Cina sebagai pusat bisnis. Pemerintah Cina telah membangun dan menyiapkan negara ini sebagai tempat satu-satunya, dan yang paling baik, untuk berinvestasi. Makanya, seluruh orang datang berbondong-bondong menginvestasikan uangnya di Cina. Dengan kebijakan pasar terbukanya, Cina pun enggak membutuhkan waktu lama untuk jadi primadona di dunia bisnis. 

4 Alasan Kenapa Cina Jadi Negara yang Sukses | via: skilledup.com

Membangun infrastruktur dan zona yang sempurna untuk menjalankan bisnis. Investasi fleksibel. Cina adalah zonanya perdagangan bebas. Juga zona teknologi yang tinggi. Ditambah lagi Cina adalah pusat pengolahan ekspor. Apa lagi yang kurang? Tidak heran Cina memimpin di bidang bisnis. Dan tidak heran juga Cina melesat menjadi salah satu negara yang paling ditakuti di dunia. Siapa yang tidak suka berinvestasi dan membuka bisnis di Cina dengan pajak dan infrastruktur yang tepat dan nyaman? Bahkan, Cina adalah negara pemberi izin tercepat kalau kamu ingin berinvestasi di sana. 

4 Alasan Kenapa Cina Jadi Negara yang Sukses | via: businessinsider.com

Itu dia empat alasan kenapa Cina kini maju. Sebenarnya, bukan hanya maju, tapi kemajuan dan perubahan negara yang dulunya dipimpin oleh kaisar ini seakan terbang. Semoga saja kemajuan Cina dalam berbagai bidang ini akan terus bertahan. Sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian global, termasuk 'mengerek' laju perkembangan negara kita ini. 

Baca juga: Sungai Berlambang Naga Bikin Media Sosial Cina Heboh

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading