Sukses

Lifestyle

4 Langkah Agar Kamu Menemukan Solusi Masalah Hidupmu

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti punya masalah yang berbeda-beda. Sering kali orang mengeluh karena enggak bisa menemukan solusi yang tepat. Meskipun sudah berusaha dan mencoba ke sana-sini, tetap saja masalah belum terpecahkan. 

Memang, memecahkan masalah itu enggak mudah. Karena setiap masalah, pasti solusinya berbeda. Meskipun masalahnya sama, tetap orang yang mengalami berbeda, belum tentu metode dan solusi bisa disamakan. Makanya, kasus per kasus memerlukan perhatian yang khusus. Selain itu, kamu juga butuh kemampaun untuk memecahkan masalah. Kali ini Bintang.com akan memberitahumu empat langkah agar kamu menemukan solusi. 

Lakukan analisa. Dasar untuk menemukan solusi dan memecah masalah adalah dengan menganalisa masalah itu sendiri. Pertama-tama, kamu harus mencari apa yang menjadi penyebab masalah itu muncul. Kalau kamu masih belum bisa menemukannya, cobalah untuk mencari referensi dari orang lain atau buku. 

Merumuskan masalah. Merumuskan masalah memang enggak mudah. Karena masalah adalah hasil dari pertautan antara hal yang seharusnya dengan kenyataan yang ada, kamu harus melakukan perbandingan. Baru kamu bisa merumuskan masalah menjadi satu pertanyaan besar. Perumusan ini harus melalui analisa seperti yang dijabarkan di atas. 

Temukan solusi yang tepat. Setelah masalah yang terjadi kamu pahami, kini saatnya untuk mencari solusi. Tanyakan pada dirimu, kalau masalahnya begini, apa yang harus kamu lakukan? Jangan sampai kamu hanya mengeluhkan keadaan dan masalah yang terus 'menggantung.' Pastikan kondisi emosimu stabil. Sehingga kamu bisa mengambil kesimpulan dan keputusan yang tepat. 

Miliki pemikiran yang fleksibel. Ketiga hal di atas enggak akan berhasil kamu lakukan kalau kamu enggak punya pemikiran terbuka dan fleksibel. Kamu harus terbuka dengan informasi apa pun yang terkait dengan masalahmu. Jangan 'batu' kalau orang lain kasih solusi. Simpan masukan dari orang lain, kemudian lakukan verifikasi menggunakan mesin pencarian di Internet atau mencari jawaban di buku-buku. 

Dengan keempat langkah di atas, kamu akan menemukan solusi yang tepat. Dengan kemampuan memecahkan masalah yang dipadukan dengan pengambilan keputusan yang tepat, masalahmu pasti akan terurai. Sehingga kamu enggak akan jadi stress lagi ketika menemukan satu rintangan atau hambatan. 

Baca juga: Duh, Kulit Kamu Iritasi karena Habis Mencukur? Ini Solusinya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading