Sukses

Lifestyle

5 Tips Manajemen Waktu dari Para Miliarder Sukses

Fimela.com, Jakarta Setiap orang punya waktu yang jumlahnya sama dalam satu hari. Tapi, kenapa ada orang sukses dan enggak sukses? Selain mereka punya sifat gigih, ternyata mereka punya satu keterampilan lain yang juga sangat penting; manajemen waktu. Mereka sanggup mengatur pekerjaannya. Sehingga dalam satu hari itu, mereka bisa menyelesaikan berbagai tugas. 

Menyusun jadwal memang menjadi salah satu cara untuk membuatmu produktif. Dengan menyusun jadwal, kamu bisa mengatur seberapa banyak pekerjaan yang bisa kamu kerjakan dalam satu hari. Tapi selain menyusun jadwal, ada beberapa cara lain yang dilakukan para miliarder kelas dunia. Mereka membagikan tipsnya agar kamu bisa mengatur waktu dengan baik. 

Richard Branson, pendiri the Virgin Group. Branson kerap kali membawa notebook-nya ke mana pun dia pergi. "Saya tidak bisa membuat the Virgin menjadi kecil dan bisa saya bawa-bawa. Makanya, saya membawa notebook. Ketika kamu punya ide dan tidak menuliskannya di malam hari, besok pagi semua ide itu akan hilang," katanya kepada majalah Inc. 

Richard Branson | via: businessinsider.com

Warren Buffett, investor dan pebisnis Amerika. Investor yang terkenal sangat jago ini ternyata punya tips yang lain. Dia percaya, bahawa ada perbedaan antara orang yang sukses dan tidak sukses. "Orang sukses mengatakan "tidak" pada hampir setiap hal," katanya. Karena orang yang belum sukses terlalu banyak mengatakan "ya," sehingga pekerjaannya akan menjadi menumpuk. Dan mereka tidak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan. 

Warren Buffett | via: businessinsider.com

Andrew Mason, co-founder dan bekas CEO Groupon. Menurut Mason, kunci untuk mengatur waktu adalah kedisiplinan. Kalau kamu tidak disiplin selama bekerja, pasti tidak akan bisa menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu hari. Kedisiplinan sangat berbarti bagi Mason. Sampai-sampai, kalau dia diharuskan membuat 10 karakter video game, dia akan membuat hanya tiga karakter cerdas dan sisanya karakter yang disiplin. 

Andrew Mason | via: millennialceo.com

Mark Pincus, co-founder dan CEO Zynga. Mencurahkan waktu untuk fokus pada pekerjaanmu adalah salah satu cara. Pincus mengatakan, kalau kamu ingin membuat satu produk, curahkan 50% waktumu untuk bergelut menyelesaikannya. Jangan pernah menerima ajakan pertemuan kalau kamu belum selesai. 

Mark Pincus | via: theguardian.com

Andy Grove, mantan presiden Intel. Ternyata, Grove juga punya cara lain untuk mengatur waktunya. Grove mengaku tidak akan pulang dari kantor kalau dia sudah merasa sangat lelah atau sudah siap untuk pulang ke rumah. Dia tidak akan pulang ke rumah ketika pekerjaannya selesai. "Pekerjaan tidak pernah selesai, dan akan selalu ada banyak hal untuk dikerjakan," katanya seperti yang dikutip dari majalah Inc. 

Andy Grove (kanan) bersama Bill Gates | via:

Nah, begitu cara para miliarder kelas dunia ini mengatur waktunya. Cara kerja dan sikap ternyata juga bisa memengaruhi seberapa produktif kamu. Makanya, mulai sekarang lakukan apa yang disarankan mereka. Agar hari-harimu di kantor menjadi efisien dan kamu pun jadi produktif. 

Baca juga: 7 Kesalahan Mengatur Waktu yang Bakal Bikin Kamu Enggak Produktif

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading