Sukses

Lifestyle

6 Hal yang Orang Produktif Lakukan Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Berapa hari dalam satu minggu kamu sangat produktif? Seperti yang ditulis Business Insider, rata-rata orang bekerja 45 jam dalam seminggu. Tapi 16-17 jam terbilang enggak produktif. Mungkin banyak orang yang ingin bekerja lebih keras. Tapi mungkin juga enggak ada orang yang mau menjadi "penggila kerja." Memiliki waktu kerja dan santai yang seimbang menjadi dambaan setiap orang. 

Untuk bisa menyeimbangkan waktu bekerja dan bersantai di rumah bersama keluarga dan teman, kamu harus meningkatkan produktivitasmu. Kalau kamu lihat, orang-orang yang bekerja secara produktif justru punya waktu untuk bersenang-senang. Bandingkan dengan orang yang selalu sibuk sampai enggak punya waktu untuk keluarga dan dirinya sendiri. Ternyata, orang yang produktif dalam bekerja melakukan beberapa hal setiap harinya. 

Mengatur suasana hati. Orang yangproduktif ternyata pandai mengontrol suasana hatinya. Karena, ketika memulai hari dengan suasana hati yang baik, kamu akan bisa melakukan semua pekerjaan yang ada. Dan akan lebih cepat selesainya. Tapi ketika kamu bangun pagi dan memulai hari dengan wajah yang 'ditekuk,' sepanjang hari suasana yang enggak baik itu akan terbawa sampai sore bahkan malam hari usai bekerja di kantor. Akhirnya, semua pekerjaan yang kamu lakukan menjadi enggak maksimal. Karena ada perasaan yang terbawa di setiap inchi pekerjaan yang kamu kerjakan. 

Enggak memeriksa kotak masuk pada pagi hari. Nah, untuk mendapatkan suasana hati yang bagus di kantor, salah satu caranya adalah enggak memulai hari dengan memeriksa kotak masuk. Banyaknya surat elektronik, pesan yang masuk, bahkan semua informasi bercampur dengan iklan dan pesan yang enggak penting. Itu semua akan bercampur aduk di kepalamu dan bikin kamu stress. Berangkat ke kantor dengan banyak pikiran dan kecemasan. Sebaiknya, tunda dulu pemeriksaan kotak masuk hingga kamu sampai di kantor. 

Jangan mencoba untuk menyelesaikan semuanya dalam satu hari. "Kenapa kamu enggak bisa menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu hari?" Jawabannya sangat sederhana. Karena kamu mencoba untuk menyelesaikan terlalu banyak pekerjaan. Kamu mungkin ingin menyelesaikan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Tapi yakinlah, terlalu banyak kemauan juga sulit untuk memenuhinya. Makanya, coba pilih beberapa pekerjaan penting yang harus kamu selesaikan lebih dulu. Ketika kamu sudah menyelesaikannya, check apakah kamu masih punya waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Kalau enggak, pulang saja dan kerjakan besok. 

Mereka paham apa arti fokus. Enggak banyak orang yang paham dengan arti fokus. Sebagian orang bahkan berpikir fokus adalah menyelesaikannya sampai akhir. Padahal, arti fokus sangat simpel. Fokus adalah benar-benar mengerjakan satu pekerjaan tanpa terdistraksi oleh apa pun. Mungkin sebagian bisa fokus dengan mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Tapi kalau kamu enggak bisa, lebih baik fokus. Dan jangan terganggu oleh hal lain. 

Mereka punya rutinitas masing-masing. Orang yang produktif membangun sistem dalam dirinya. Sistem ini akan secara otomatis bekerja. Artinya, mereka punya kebiasaan yang selalu mereka lakukan. Enggak pernah enggak. Seperti mencatatat apa saja yang harus mereka kerjakan, membaca buku untuk menambah pengetahuan dan kemampuan, sampai bangun lebih pagi dari orang lain. 

Tentukan goal-mu pada malam hari. Orang yang produktif pasti menentukan goal pada malam hari. Sebelum tidur, mereka me-review apa saja yang sudah mereka kerjakan. Dan apa saja yang belum sempat mereka selesaikan. Kemudian menuliskan apa yang harus mereka capai besok. Makanya, mereka selalu berusaha untuk menjadi lebih baik lagi dari hari ke hari. 

Itu dia rahasianya kenapa beberapa orang bisa sangat produktif ketika bekerja. Efisiensi dalam bekerja merupakan hal terpenting buat mereka. Sehingga lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dan memiliki waktu untuk bersenang-senang dengan keluarga dan teman. Dengan bekerja secara produktif, kamu pun enggak akan stress dan merasa tertekan. Sehingga pengambilan setiap keputusan menjadi tepat. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Minggu Pagi Agar Produktif

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading