Sukses

Lifestyle

Kenali 3 Masalah Rambut yang Berkaitan dengan Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Bagi perempuan, rambut adalah mahkota yang keindahannya harus dijaga. Berbagai cara mereka lakukan untuk mendapatkan rambut yang indah. Ada yang perawatan ke salon, namun ada juga yang di rumah. Apapun cara yang dipilih untuk merawat rambut, ada satu hal yang tak boleh terlupa, yakni asupan makanan yang sehat.

Tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, makanan yang dikonsumsi juga turut andil dalam pertumbuhan organ tubuh, salah satunya adalah rambut. Saat kamu kekurangan vitamin lewat makanan, selain kesehatan tubuh, rambut juga akan menampakkan efek berbeda. Berikut tanda-tandanya.

Kamu lagi stres. Punya banyak pikiran nggak hanya berefek pada kesehatan psikis, melainkan fisik juga, terutama rambut. Menurut Pakar Dermatologi dan Psikologi asal New York, Amy Wechsler, MD, kerontokan rambut pada manusia adalah hal yang wajar jika masih 80-100 helai perhari. Namun, jika lebih dari itu, mungkin kamu sedang mengalami stres psikologi.

Rambut rontok: Stres. (Via: cantiknsehat.com)

Kamu nggak dapat asupan nutrisi yang cukup. Nutrisi sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan, termasuk pertumbuhan rambut. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan rambut kusam, kering, dan tipis. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi makanan seperti protein, zat besi, seng, dan vitamin A. Selain itu, jangan lupa asupan B12 dan asam folat, sebab jika kekurangan keduanya bisa menumbuhkan uban lebih cepat.

Rambut kering dan tipis: Kurang asupan nutrisi. (Via: youne.com)

Kurang minum air. Kekurangan air dalam tubuh nggak hanya berpengaruh pada masalah pencernaan dan ginjal. Rambut pun. Menurut Diana Bitner, MD, seorang Ob Gyn di Spectrum Health Medical Group di Grand Rapids, Michigan, Helai-helai rambutmu akan kehilangan sinar alaminya dan mudah rapuh saat tubuh kurang air minum. Jika kamu nggak suka minum, mungkin kamu bisa menambahkan lemon atau mentimun ke dalam air agar ada rasa yang berbeda.

Rambut kusam, nggak bersinar: Kurang minum air putih. (Via: aol.com)

Baca juga: 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mencukur Rambut Kemaluan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading