Sukses

Lifestyle

Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Cegah Kanker Payudara

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara tak hanya jadi satu momok menakutkan bagi perempuan. Walau punya 100 kesempatan lebih rendah, namun kaum adam juga punya risiko terserang kanker payudara. Menurut berita yang dimuat di LA Times, perkiraan jumlah orang yang terserang kanker payudara akan bertambah 50% pada tahun 2030.

Seakan jadi tamparan, persentase di 15 tahun mendatang tersebut menimbulkan pertanyaan besar tentang bagaimana melakukan pencegahan kanker payudara. Ya, walau terkenal ganas, namun kanker payudara bisa dicegah dengan cara yang relatif sederhana, mengonsumsi makanan sehat misalnya. Menurut beberapa studi, berikut daftar makanan yang sanggup mencegah kanker payudara.

Jamur. Studi yang dilakukan pada 2009 menunjukkan kalau memakan satu buah jamur yang dimasak dengan baik setiap hari dapat menurunkan risiko terserang kanker payudara hingga 60%. Terlebih, kalau kamu mengombinasikan jamur dan teh hijau, maka tingkat pencegahannya akan kian bertambah. Punya kandungan yang bisa mencegah perkembangan aromatase, maka sel yang sebabkan kanker payudara pun tak akan tumbuh.

Jamur. | via: bitesoutoflife.com

Buah Delima.  Berdasarkan studi yang dilakukan oleh City of Hope, buah delima punya enam kandungan kimia yang bisa menekan pertumbuhan aromatase. Lebih lanjut, hasil studi tersebut menunjukkan kalau buah delima dapat menjaga sel kanker tetap bersama dan mencegah migrasi sel tersebut ke payudara, tulang, atau tempat lain di tubuh.

Buah Delima. | via: theicenter.org

Biji Rami. Terdapat kandungan lignan, dengan produksi anti oksidan yang berfungsi sebagai pelemah estrogen, sehingga bisa mencegah berbagai efek yang disebabkan. Studi pada 2013 membuktikan kalau seorang perempuan yang mengonsumsi biji rami selama berminggu-minggu dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 18%.

Biji Rami. | via: thechalkboardmag.com

Seledri. Punya kandungan apigenin yang bisa mencegah beberapa jenis kanker payudara yang didorong oleh progestin. Apigenin juga sanggup membunuh sel kanker yang hendak menyebar. Tak hanya mencegah kanker payudara, menambahkan seledri ke beberapa makanan yang dikonsumsi pun bisa jadi satu cara tepat untuk menurunkan berat badan.

Seledri. | via: rodanto.co.uk

Kunyit. Mengandung anti oksidan yang disebut curcumin, kunyit bisa mencegah penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh. Hasil penelitian yang dilakukan oleh MD Anderson menunjukkan kalau mengonsumi kunyit dengan takaran 10 gram/hari tak akan memberi efek samping bagi tubuh bagian lain. Jadi, kamu bisa mencegah kanker payudara tanpa takut terserang penyakit lain.

Kunyit. | via: healthyfoodhouse.com

Kalau sudah mengonsumsi makanan sehat, maka secara otomatis tak hanya kanker payudara saja yang dicegah. Deretan penyakit kronis lainnya, seperti diabetes, jantung, ginjal, dan obesitas pun bisa dikendalikan dengan memerhatikan asupan makanan. Kalau pernah membaca makanan yang bisa mencegah kanker payudara tapi belum disebutkan di atas, langsung tambahkan di kolom komentar saja.

 

Baca Juga: 5 Mitos Kanker Payudara yang Harus Kamu Berhenti Percaya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading