Sukses

Lifestyle

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Tiap Terima Gaji

Fimela.com, Jakarta Sebagai karyawan tetap, pastinya kamu mendapatkan gaji tiap bulan. Banyak hal yang harus kamu lakukan tiap kali terima gaji. Tapi, masalahnya banyak orang yang lupa untuk menunaikan kewajibannya. Akhirnya gajimu sudah tinggal sebelum kebutuhan terpenuhi. Tak mengherankan jika tiap akhir bulan kamu pusing tujuh keliling. 

Sebenarnya, ada banyak trik agar kamu bisa tetap bersenang-senang, tapi kewajiban terpenuhi. Memang, mengatur uang itu merepotkan. Dan keinginan yang kian bertambah karena pesatnya perpindahan tren membuatmu merasa selalu kurang. Tapi, jangan menyerah dulu, karena Bintang.com punya enam hal yang bisa kamu lakukan tiap kali terima gaji

Bayarkan semua tagihan. Banyak orang yang menggunakan kartu kredit atau mengambil pinjaman uang dari bank. Tapi ketika tiba waktunya terima gaji, mereka tidak langsung membayarkan utang-utangnya. Padahal, hal pertama yang paling penting adalah bayar utang. Dengan kondisi gajimu masih utuh, membayar utang akan menjadi lebih leluasa. Bahkan kamu tidak akan khawatir jumlah uang yang kamu punya tidak cukup untuk membayar bunga atau denda (jika ada). 

Hitung berapa kebutuhanmu dan sisanya. Setelah beres menunaikan kewajiban, kamu sekarang bisa menghitung berapa jumlah uang yang tersisa. Kemudian, hitung berapa banyak kebutuhanmu untuk satu bulan. Termasuk ongkos, uang makan, iuran listrik, pulsa, Internet, iuran air, dan lainnya. Setelah itu, hitung lagi berapa jumlah uang lebihnya. Pisahkan uangmu dalam dua akun bank yang berbeda. 

Menabung. Uang sisa tadi bisa kamu tabung. Ada banyak pilihan jenis tabungan di bank-bank terkemuka. Ada tabungan biasa, ada juga tabungan berjangka yang baik untuk mendorong orang buat menabung. Jadi, kamu secara tidak langsung 'dipaksa' untuk menabung dalam jumlah yang sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan. 

Investasikan uangmu. Selain menabung, kamu juga bisa menginvestasikan uangmu. Ada banyak pilihan, jika kamu berminat. Mulai dari investasi yang iurannya terjangkau, hingga yang mengharuskanmu mengeluarkan kocek jutaan rupiah. Atau kamu juga bisa memilih jenis investasi lain seperti properti dan emas. Tapi, kamu harus pelajari dulu karena tiap jenis investasi berbeda ketentuan. 

Belanja bulanan seperlunya. Banyak orang yang rutin belanja bulanan. Sebenarnya, belanja bulanan tidak menjadi masalah selama apa yang kamu beli hanya barang-barang yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Seperti sabun, shampoo, alat pencuci piring, pasta gigi, sikat gigi, alat pencukur rambut, dan lainnya. Gunakan uangmu yang sudah dipisahkan untuk keperluan selama satu bulan. Tapi jangan sampai kamu lupa menyisihkan untuk ongkos dan uang makan. 

Makan dan jalan-jalan. Nah, kalau ada sisa dari keperluan bulanan, kamu bisa menggunakan uangmu untuk jalan-jalan dan makan di restoran bersama keluarga atau para sahabat. Kamu juga bisa membeli buku dan nonton bioskop. 

Nah, itu dia enam hal yang bisa kamu lakukan agar tidak selalu pusing tiap akhir bulan. Dengan tertatanya keuanganmu, rasa cemas dan was-was tidak lagi datang. Kamu bahkan bisa merencanakan liburan di bulan atau tahun depan bersama orang-orang tercinta. Jalan-jalan ke Eropa atau Amerika kini bukan lagi sekedar angan. 

Baca juga: 6 Cara Gunakan Uang yang Sudah Kamu Tabung Selain Buat Masa Tua

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading