Sukses

Lifestyle

4 Hal yang Harus Kamu Ajarkan Pada Anak Agar Tumbuh Jadi Pebisnis

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang ingin anaknya sukses. Sedangkan dunia bisnis merupakan salah satu jalan yang banyak orang pilih untuk mencapai kesuksesan finansial. Tapi masalahnya, tidak semua orangtua tahu bagaimana mendidik anaknya agar menjadi pengusaha sukses. 

Pendidikan di sekolah tidak akan memberikan pelajaran yang berarti tentang kerasnya kehidupan bisnis. Maka dari itu, kalau kamu ingin anakmu menjadi Elon Musk atau Steve Jobs ketika sudah besar, kamu harus mengajarkannya lima hal di bawah ini. 

Hidup itu penuh dengan rintangan. Berilah pengertian kepada anak-anakmu bahwa hidup itu penuh dengan rintangan. Karena itu, sebagai pebisnis yang tangguh, kamu harus mengajarkannya untuk memiliki 'kulit' yang tebal untuk menangkal segala rintangan. Bukan berarti menghindari, tapi menghadapi. Karena itu, kamu harus membiarkannya bereksplorasi dengan setiap perasaan yang dia miliki. Jangan membuatnya terus terseyum sehingga sama sekali tidak merasakan arti kecewa dan sedih. 

Didik anakmu untuk terus berinovasi. Menumbuhkan kreativitas pada anak memang tidak mudah. Tapi kamu bisa memulainya dengan mengajak anakmu untuk berpikir. Jangan mendikte. Ajak dia berpikir dan memilih sendiri apa yang dia ingin kenakan saat jalan-jalan bersama kelurga. Biarkan anakmu memilih makanan yang ingin dia makan. Jangan langsung menyuruhnya untuk mengambil kain lap saat dia menumpahkan air ke lantai. Tanyakan, "kalau air tumpah, apa yang harus kita lakukan, nak?"

Bekerja keras. Betapa pun tinggi posisi anakmu nanti, atau seberapa besar perusahaan yang dia pimpin nanti, pengusaha yang hebat tidak pernah malu untuk terjun langsung ke lapangan. Memantau para karyawannya dan juga ikut bekerja bersama-sama. Untuk itu, kamu harus mengajak anakmu bekerja di rumah. Seperti membantumu membersihkan rumah, mencuci mobil, dan merapikan mainannya. Tapi ingat, terus awasi pekerjaannya. Jangan sampai malah membahayakan anak kesayanganmu. 

Tanamkan rasa ingin tahu yang tinggi. Tanpa rasa ingin tahu yang tinggi, seorang pengusaha tidak akan melahirkan ide yang brilian. Untuk itu, kamu harus mengajak anakmu mengeksplor apa yang dia ingin lakukan. Setiap akhir pekan, ajaklah ke museum agar dia bisa belajar lebih banyak dan rasa ingin tahunya tumbuh.

Rasa percaya diri. Seorang pebisnis tidak akan bisa sukses tanpa ada rasa percaya diri. Menanamkan rasa percaya diri pada anak memang sulit. Tapi kamu bisa memulai dari hal yang paling kecil. Seperti membesarkan hatinya saat dia gagal mendapatkan ranking di kelas. Atau meyakinkan kalau dia bisa melakukannya asalkan banyak berlatih dan percaya pada kemampuannya sendiri. 

Itu dia lima hal yang harus kamu ajarkan jika ingin punya anak yang bakal tumbuh menjadi pengusaha sukses. Memang tidak mudah untuk mendidik anak. Tapi, mulai dari hal yang paling sederhana, kamu bisa menanamkan sedikit demi sedikit nilai yang sangat diperlukan ketika menjadi seorang pebisnis nanti. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading