Sukses

Lifestyle

5 Rahasia Hidup Sehat dan Bahagia dari Orang Berusia 100 Tahun

Fimela.com, Jakarta Salah satu pulau di Jepang, Okinawa, punya rahasia penting tentang hidup dengan usia panjang. Rahasia tersebut berkenaan dengan kesehatan, spiritualitas, dan hubungan antara pikiran dengan tubuh. Faktanya, Okinawa punya jumlah penduduk dengan mayoritas usia mencapai 100 tahun. Bagi beberapa wilayah, terutama negara barat, usia lanjut kerap identik dengan penyakit dan penderitaan. Namun, warga Okinawa tak sependapat.

Penyakit seperti parkinson, alzheimer, autis, kanker, diabetes, dan jantung bahkan tak tampak setidaknya sampai usia 90 tahun. Uniknya, warga Okinawa sengaja melepaska diri dari segala hal yang mengadaptasi gaya hidup 'barat'. Pada tahun 2000, Okinawa Centernaruian Study mempublikasikan beberapa rahasia berkenaan dengan usia panjang.

Mengonsumsi sayuran hijau. Berlokasi di salah satu pulau tropis cantik, warga Okinawa harus melindungi tanaman dari sengatan matahri yang berlebih. Hal tersebut dimaksudkan agar warga tak memproduksi jumlah photomechanical dan anti oksidan secara berlebih untuk tetap hidup. Sengatan matahari berlebih ternyata bisa mengurangi nutrisi dari sayur-mayur tersebut. Juga, warga Okinawa selalu mengonsumsi sayuran organik.

Sayur jadi makanan yang paling sering dikonsumsi warga Okinawa. | via: govoyagin.com

Batasi konsumsi protein hewani. Di Okinawa, warga lokal sebagian besar menanam sendiri sayur-mayur yang hendak dikonsumsi. Persentasenya mencangkup 80% tanaman dan 20% untuk daging-dagingan, seperti ikan maupun babi (untuk perayaan tertentu saja). Mengurangi konsumsi protein hewani dalam jumlah terbatas ternyata bisa melindungi diri dari berbagai penyakit.

Warga Okinawa membatasi konsumsi protein hewani. | via: okinawaexplorer.com

Larangan kalori. Warga lokal melatih satu teknik yang disebut Hara Hachi Bu, di mana mereka tak makan secara berlebihan. Warga lokal berhenti makan ketika merasa kenyang di persentase 80%. Larangan protein juga berlaku di Hara Hachi Bu. Pola ini kemudian dituturkan oleh para peneliti sebagai satu cara yang punya banyak manfaat dan meningkatkan harapan hidup dengan usia yang lebih panjang.

Larangan konsumsi kalori berlebih bagi warga Okinawa. | via: sumoboss.com

Sikap baik. Tak hanya secara fisik, warga Okinawa juga ingin sehat secara psikis. Ketika disurvei, penduduk Okinawa punya peringkat tinggi untuk mengatasi berbagai macam keadaan stress di hampir seluruh aspek kehidupan mereka. Di pulau, warga Okinawa terbiasa hidup dengan ritme yang begitu santai. Sehingga, ini bisa menguragi risiko serangan jantung hingga 80%.

Warga Okinawa punya sikap baik. | via: secretsofhealthyeating.com

Menanamkan spiritualitas. Tak sama dengan agama, spiritualitas jadi bagian penting di Okinawa. Terdapat ritual pagi, grup meditasi, dan rasa memiliki akan grup untuk meraih sesuatu yang lebih baik lagi. Mereka tak malu untuk menari dan bermain musik sebagai bentuk kesadaran jiwa,. Gunakan banjo tradisional, lantunan musik khas Okinawa terdengar begitu merdu.

Meditasi begitu dekat dengan warga Okinawa. | via: cnn.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading