Sukses

Lifestyle

4 Ketakutan Akan Kondisi Keuangan yang Harus Kamu Musnahkan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa khawatir jika suatu saat kamu akan jatuh miskin? Karena buatmu yang bukan seoarang taipan, kehilangan uang ratusan juta seakan memutus nadi yang tersembunyi di balik kulitmu. Bukannya menuhankan uang, tapi uang dan keadaan finansial yang sehat ternyata memang sangat penting. Apa lagi jika menghitung-hitung berapa lama lagi kamu akan pensiun. 

Belum lagi kalau sudah berkeluarga. Tanggunganmu bukan hanya dirimu saja, tapi juga istri atau suami, anak-anak, dan bahkan orangtua serta mertua. Meskipun perlu ada rasa khawatir agar kamu terpacu untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi, tetap saja rasa takut akan menahanmu untuk bisa sukses. Karena itu, hapus saja empat rasa takut di bawah ini. 

Kehilangan pekerjaan. Banyak orang yang khawatir kalau mereka akan kehilangan pekerjaannya suatu saat nanti. Tapi, tanpa melakukan apa pun, mereka hanya menggerutu dan mengadukan rasa takutnya kepada siapa pun yang dia temui. Padahal, kapan pun kamu diberhentikan kerja, dan karena alasan apa pun, tidak akan menjadi masalah jika kamu punya tabungan yang sudah lama tersimpan. 

Ini yang menjadikan alasan kenapa kamu harus punya uang jaga-jaga minimal Rp 10 juta, sebelum menginvestasikan sebagian uangmu. Kenapa? Karena uang Rp 10 juta ini bisa dijadikan 'ban serep' jika suatu saat kamu harus berhenti bekerja. Dan sampai kamu menemukan pekerjaan baru, kira-kira enam bulan, uang Rp 10 juta itu bisa menyelamatkan kehidupanmu. 

Pendapatan pasangan lebih besar. Biasanya para suami yang merasa takut seperti ini. Sebagian suami atau bisa juga istri, merasa tidak adil ketika pasangannya berpenghasilan lebih besar dari dirinya. Kenapa? Banyak alasannya. Mulai dari iri hati, merasa tersaingi hingga takut pasangannya 'main serong' dengan orang lain. Padahal, justru ketakutan ini yang bisa menghancurkan rumah tanggamu. 

Kamu telah membuat terlalu banyak kesalahan soal keuangan. Semua orang pasti pernah salah. Gagal sekali, dua kali, hingga ribuan kali tidak akan menjadi masalah jika, setiap kali gagal, kamu tidak mengulang kesalahan yang sama. Makanya, pelajari apa saja kesalahanmu. Jangan sampai mengulang kesalahan yang sama berkali-kali. 

Tanpa rumah, kamu tidak akan bisa sukses. Banyak orang yang merasa tidak bisa sukses kalau belum punya rumah. Rumah memang menjadi kebutuhan utama dalam hidup. Tapi, bukan berarti belum punya rumah kamu tidak bisa sukses. Siapa yang tahu kalau ternyata kamu sedang merintis usaha yang sedikit lagi akan mendapatkan suntikan dana dari investor asing? Jangan pernah merendahkan dirimu sendiri. Percayalah bahwa kamu tetap berharga dan pantas untuk menjadi orang sukses. 

Itu dia keempat rasa takut tentang keuangan yang harus kamu musnahkan. Karena, rasa takut itu justru akan menahanmu untuk menjadi sukses. Kamu bisa berusaha perlahan-lahan untuk mengurangi rasa takut. Konsultasikan masalah keuanganmu dengan pakar keuangan. Masalah jangan dipikirkan sendirian. Karena semakin cepat benang kusut terurai, jalan menuju kesuksesan akan semakin terbuka. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading