Sukses

Lifestyle

Toilet Terbuka Jadi 'Culture Shock' Bagi Turis di Cina

Fimela.com, Jakarta Sejatinya, traveling memang jadi satu media untuk mencicip berbagai pengalaman baru, serta melakukan interaksi dengan orang yang belum pernah ditemui sebelumnya. Tak selalu berkaitan dengan sederet hal menyenangkan. Perjalanan terkadang bisa memberi kejutan berupa pengalaman-pengalaman unik yang mungkin tak kamu duga sebelumnya.

Toilet Terbuka Jadi 'Culture Shock' Bagi Turis di Cina. | via: Alamy

Salah satu destinasi yang bisa memberi kejutan tersebut adalah Cina. Selaras dengan ungkapan banyak traveler, salah satu penulis buku "101 Travel Tips & Stories", Claudia Kaunang, pun menuliskan pengalamannya ketika mengalami culture shock terkait toilet di Cina. Bukan karena tingkat kebersihannya, namun bentuk toilet terbuka yang ada hampir di setiap sudut Cina.

Toilet terbuka di Cina ini berupa ruangan besar dengan beberapa kloset jongkok. Ada yang dengan maupun tanpa pembatas. Namun hampir semuanya tak ada pintu. "Kalau saya, melihat toilet seperti itu bikin tidak jadi buang air.", tulis Claudia Kaunang.

Toilet Terbuka Jadi 'Culture Shock' Bagi Turis di Cina. | via: ben-tzion.com

Tak sampai di situ, Claudia pun menuturkan kalau ada satu hal lain yang membuatnya semakin terkejut oleh Cina. Ketika itu awal tahun 2013, Claudia sedang berada di Nanjing Road yang biasa disebut-sebut sebagai Orchard Road versi Shanghai. Toilet di tempat itu cukup layak (ada pembatas dan pintu, serta tak berbau), namun ketika Claudia masuk, ia kaget melihat ada ibu buang air tanpa menutup pintu.

Walau disebut-sebut sebagai Manhattan in Asia, Shanghai tetap saja punya satu-dua aspek metropolitan yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Toilet ini jadi salah satunya. Jadi, tertarik untuk mencoba buang air di toilet terbuka Shanghai?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading