Sukses

Lifestyle

Ternyata Indonesia Jadi Rumah Bagi Ikan Terbesar di Bumi

Fimela.com, Jakarta Layaknya negara kepulauan di belahan dunia lain, Indonesia pun punya wilayah perairan yang lebih luas. Panjang garis pantainya saja hampir mencapai angka 81.000 kilometer. Luasnya laut Indonesia berbanding selaras dengan ragam biota laut yang ada di bawah permukaan airnya. Tak hanya hamparan koral berwarna-warni, laut Indonesia juga jadi rumah bagi hiu paus atau rhincodon typus.

Tercatat sebagai ikan dengan ukuran terbesar di dunia, kamu bisa temukan hiu paus di perairan Taman Nasionak Teluk Cendrawasih, Papua Barat. Tersohor sebagai taman nasional dengan wilayah perairan terluas di Indonesia, tak heran kalau tempat ini bisa jadi rumah bagi ikan yang beratnya mencapai 21 ton dengan panjang hingga 14 meter tersebut.

 

A photo posted by wahyu naibaho (@wahyunaibaho) on

Tak hanya ukurannya yang menimbulkan decak kagum, hiu paus pun terkenal sebagai satwa yang mampu hidup dalam waktu lama. Perkiraan umur ikan yang sering ditemui di air laut bersuhu hangat ini bisa mencapai 150 tahun. Walau punya ukuran tubuh yang fantastis, namun gigi hiu paus ini terbilang keci dan tak terlalu tajam seperti jenis hiu lain.

 

A photo posted by Kevin (@kevinokong) on

Karenanya, banyak yang menganggap kalau hiu paus ini masuk dalam kategori jinak. Namun, bukan berarti tak ada potensi bahaya ketika berada dekat dengan ikan yang punya ukuran mulut hingga 1,5 meter ini. Kalau sedang merencanakan perjalanan ke tanah Papua, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk berenang atau sekedar melihat ikan yang biasa hidup berkelompok ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading