Sukses

Lifestyle

Ternyata Kebahagiaan Bisa Kamu 'Beli' dengan 2 Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Perkara kebahagiaan memang selalu rumit. Terlepas dari sebabnya, banyak orang yang sangat sulit mencapai kebahagiaan. Mungkin kamu pernah kenal dengan orang yang jarang tersenyum. Apa lagi tertawa. Tapi belum tentu hatinya tak bahagia. 

Kebahagiaan hanya kamu yang bisa rasakan. Kamu tidak bisa meminta tolong kepada orang lain untuk membahagiakanmu. Karena itu, kamu yang harus memilih jalan untuk menjadi orang yang bahagia. Meskipun banyak orang yang bilang kebahagiaan tak akan pernah bisa dibeli, beberapa pakar psikologi justru menganjurkanmu untuk mengeluarkan uang agar bahagia. Bagaimana caranya?

Jadilah orang yang baik hati. Menurut Dan Ariely, seorang profesor psikologi dan perilaku ekonomi dari Universitas Duke, membelikan teman secangkir kopi akan membuatmu lebih gembira, dibandingkan dengan membeli untuk diri sendiri. Mungkin kamu menginginkan banyak barang. Tapi ketika kamu membelikan untuk orang lain, kamu akan merasa lebih senang. Ini yang dinamakan indahnya berbagi. 

Berpetualang. Kamu memang butuh waktu untuk berlibur! Tapi, coba gunakan waktu berliburmu untuk bertualang ke berbagai daerah yang belum pernah kamu kunjungi. Kalau uangmu tidak terlalu banyak, kamu masih bisa berpetualang ke daerah-daerah yang dekat. Atau bisa juga mencicipi berbagai masakan daerah yang belum pernah kamu makan. Menurut Ariely, pengalaman memiliki tiga komponen yang akan membawa kebahagiaan; antisipasi, pengalaman itu sendiri, dan kenangan. Apa yang belum pernah kamu lihat, rasakan, dan alami akan terekam dalam otak untuk waktu yang lebih lama. Ini yang menyebabkan petualangan membuatmu bahagia. 

Dengan dua cara tersebut, kamu pasti akan menjadi lebih bahagia. Karena pada dasarnya, kamu membutuhkan pengalaman. Untuk memiliki pengalaman dan petualangan, kamu pastinya harus mengeluarkan uang. Berbagi dengan sahabat dan rekan juga akan membuatmu bahagia. Tapi, jangan sampai kamu menghabiskan seluruh uangmu untuk berpetualan dan mentraktir teman, ya. Kamu juga harus berhemat dan mengatur keuanganmu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading