Sukses

Lifestyle

5 Fakta Pesawat R80 Karya Habibie yang Bikin Bangga Indonesia

Fimela.com, Jakarta Siapa sih Habibie? Kamu nggak mungkin tidak tahu Habibie, mantan presiden ke-3 Republik Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa dengan kecerdasan yang dimilikinya. Ya, tidak hanya dikenal sebagai mantan presiden, pria berusia 79 tahun tersebut adalah salah satu sosok jenius dari Tanah Air yang namanya telah mendunia.

Habibie mendapatkan gelar doktor teknik mekanik dalam bidang desain dan konstruksi pesawat udara. Ia juga telah memegang 46 paten di bidang Aeronautika dunia. Dan kini pria yang pernah menjabat sebagai menteri riset dan teknologi itu berencana membuat suksesor pesawat N250 produksi IPTN (saat ini PT Dirgantara Indonesia) yang pernah berjaya saat lahir pada 1995.

Pesawat baru dari pria pemilik nama lengkap Prof.Dr.Ing B.J. Habibie itu ditargetkan mulai dibuat pada pertengahan 2016. Pesawat R80 sendiri kabarnya baru bisa diterbangkan pada 2021. Well, memang masih lama ya, tapi kamu yang penasaran melihat seperti apa bentuk dari pesawat karya Habibie ini, maka harus mengetahui lima fakta dari pesawat yang sudah dipesan sebanyak 145 unit ini.

5 Fakta Pesawat R80 Karya Habibie yang Bikin Indonesia Bangga | via: jejaktapak.com

Pertama, R80 memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan dengan N250 yang hanya memiliki kapasitas 50-60 kuris. R80 memiliki kapasitas yang lebih banyak, yakni 80-90 kursi. Kedua, lebih ekonomis karena dari segi perawatan, bahan bakar dan harga, pesawat ini memang lebih murah.

5 Fakta Pesawat R80 Karya Habibie yang Bikin Indonesia Bangga | via: indocropcircles.files.wordpress.com

Ketiga, pesawat ini asli buatan anak bangsa, jadi kamu patut bangga. R80 dikembangkan sepenuhnya oleh anak bangsa, desainnya dikerjakan oleh 50 ahli, termasuk para ahli dari PT Dirgantara Indonesia. Keempat, rencananya pesawat ini akan diterbangkan pertama kali di bandara baru, yaitu di Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

5 Fakta Pesawat R80 Karya Habibie yang Bikin Indonesia Bangga | via: 2.bp.blogspot.com

Fakta kelima, sebelum benar-benar di produksi pesawat karya Habibie tersebut sudah banyak sekali peminatnya. Sekarang kita pastinya berharap bahwa sosok Habibie ini bisa menginspirasi banyak anak-anak Indonesia agar bisa ikut mengharumkan nama bangsa. Bahkan di usianya yang tak muda lagi, Habibie tetap optimistis bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang hebat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading