Sukses

Lifestyle

Gadis Misterius dalam Foto Berwarna Pertama di Bumi

Fimela.com, Jakarta Meski sederhana, namun potret gadis belia yang berpose sedemikian rupa di kerikil pantai dengan rambut pirang tergerai ini adalah foto berwarna pertama yang berhasil diproduksi di Bumi. Jadi inovasi, foto ini tentu jadi perhatian masyarakat dunia, bahkan hingga kini. Segala persoalan terkait potret tersebut pun berusaha dipecahkan, termasuk identitas gadis misterius yang jadi objek foto.

Tak hanya sendiri, Christina pun kerap berfoto bersama teman (atau sepupu). | via: SSPL/Getty Images

Daily Mail menuliskan bahwa gadis ini biasa dipanggil Christina. Potretnya diabadikan oleh seorang fotografer, Mervyn O'Gorman, di Lulworth Cove, Dorset, pada 1913. Sophia Brothers memberi tahu Daily Main bahwa awalnya, Christina diperkirakan sebagai anak Mervyn, namun perempuan ini sekarang dipercaya sebagai keponakan sang fotografer.

Deretan potret perempuan bertubuh langsing yang mengenakan baju berwarna merah itu sekarang jadi kepemilikan Royal Photographic Society dan dipajang di Museum National Media, Bradford. Sementara sang fotografer meninggal pada 1958 dalam usia 87 tahun, nasib Christina masih jadi misteri hingga kini.

Mervyn O'Gorman, fotografer penghasil potret berwarna pertama di Bumi. | via: ANL/REX Shutterstock

Menguak identitas Christina sudah jadi tantangan bagi banyak orang. Bahkan, terdapat berita yang mengatakan kalau pada sensus tahun 1911, tak ada catatan yang membuktikan kepemilikan anak atas Mervyn dan Christina. Meski demikian, sensus tahun 1911 pun menemukan Christina O'Gorman, gadis berusia 13 tahun yang tinggal di Waterford, Irlandia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading