Sukses

Lifestyle

Helikopter AW101 VVIP Jokowi VS Marine One Obama, Keren Mana?

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo rencanakan untuk mengganti helikopter kepresidenan dengan AgustusWestland AW101 VVIP. Namun, menurut anggota DPR, mengeluarkan Rp. 753 miliar untuk helikopter terlalu mahal.

Hal yang sama juga pernah terjadi pada Presiden Barack Obama saat ingin membeli Marine One. Banyak juga kritik yang terlontar karena harga helikopter yang memiliki harga Rp. 5,5 triliun tersebut dianggap kemahalan.

Helikopter AW101 VIP Jokowi| via: guiltymag.com

Dengan AW101 VVIP, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla merencanakan untuk menggunakan helikopter saat blusukan ke daerah terpencil. Tak hanya itu, rencananya para tamu negara juga akan dijamu menggunakan helikopter.

Dilansir dari Aircraftcompare.com, pesawat canggih ini memiliki panjang 19,53 meter dengan diameter 18,59 meter. Sedangkan tingginya mencapai 6,62 meter dengan berat kosong 10.500 kg. Dilengkapi dengan 24 tempat duduk, helikopter ini pun mampu menempuh jarak hingga 1.389 km.

AW101 VVIP digerakan dengan tiga unit mesin Rolls-Royce Turbomeca RTM322-01 turboshafts yang setara dengan 1.866 tenaga kuda. Kecepatan maksimalnya pun bisa mencapai 309 km per jam.

Marine One Obama | bdhomes.com

Berbeda dengan Presiden Indonesia. Dilansir dari Military.com, helikopter sang Presiden Amerika merupakan tipe VH-3D Sea King Marine One. Panjang keseluruhan pesawat mencapai 22 meter dengan panjang badan 16,5 meter. Sedangkan tingginya mencapai 4 meter. Canggihnya, kecepatan helikopter bisa mencapai 259 km per jamnya.

Hebatnya lagi, helikopter Marine One kebal dengan segala jenis cuaca. Sistem navigasinya pun dibekali dengan GPS, TACS dan tidak membawa senjata sama sekali. Jadi, menurutmu helikopter mana yang lebih keren?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading