Sukses

Lifestyle

Yakin Lagi PMS? Jangan-jangan Kamu Sedang Hamil Muda

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan normal, pasti akan mengalami masa menstruasi. Yakni masa di mana pelepasan sel telur dari ovarium terjadi yang membuat dinding rahim akan menebal. Apabila sel telur nggak dibuahi, maka ia akan diserap tubuh dan dinding rahim yang sudah menebal akan meluruh dari tubuh dan bercampur darah. Hmm.. Pasti kamu sudah mengetahui proses tersebut, bukan?

Nah, sebelum menstruasi terjadi, biasanya seseorang perempuan akan mengalami masa-masa sulit yang dinamakan PMS alias Premenstrual Syndrome. Pada masa tersebut, perempuan akan mengalami beberapa kenyataan yang mungkin akan membuat mereka menderita. Baik dari fisik, maupun mental. 

Namun, rupanya masa PMS nggak selamanya menjadi gejala menstruasi, lho. Sakit fisik yang dialami seperti PMS juga bisa menjadi gejala hamil muda. Untuk itu, sebagai perempuan kamu perlu mengetahui beberapa gejala kehamilan yang mirip dengan PMS biar nggak salah mengartikan. Apa saja persamaan dan perbedaannya? Yuk, simak pada empat poin berikut yang dilansir dari Healthline.com

Kram perut. Kondisi ini adalah gejala yang umum yang kerap dirasakan oleh perempuan yang sedang PMS. Namun, tahukah kamu? Perempuan hamil muda juga mengalami kram pada bagian perut. Menurut Mayo Clinic yang dilansir dari Healthline.com, di awal kehamilan, mungkin akan mengalami sedikit kram, dan masa kram perut akan bertambah lama, antara hitungan minggu hingga beberapa bulan.

Kram perut. (Via: rahasiacantik.info)

Sakit di bagian payudara. Tanda kalau perempuan akan mengalami menstruasi adalah rasa nyeri di bagian payudara. Payudara yang nyeri diikuti dengan pengencangan dan terasa padat. Hal tersebut juga dirasakan oleh perempuan pada awal kehamilan. Bedanya lama waktu. Kalau PMS hanya sementara, sedangkan pada perempuan hamil akan terjadi sekitar satu atau dua minggu bahkan lebih. Hal tersebut disebabkan oleh hormon progesteron yang meningkat pada masa kehamilan.

Sakit di bagian payudara. (Via: loohealth.com)

Bercak darah mirip flek awal menstruasi. Beberapa perempuan mengalami flek-flek darah yang keluar dari vagina sebelum benar-benar menstruasi. Mungkin hal ini nggak disadari oleh perempuan hamil. Sebab, perempuan hamil di awal-awal juga mengalami hal ini. Pada perempuan yang sedang PMS, gejala ini biasanya hanya terjadi beberapa hari kemudian diikuti darah yang lebih banyak. Namun, pada kehamilan biasanya hanya terjadi beberapa hari.

Bercak darah mirip flek awal menstruasi. (Via: feministing.com)

Ngidam makanan. Eits! Bukan cuma perempuan hamil saja, lho yang bisa ngidam, perempuan yang lagi PMS juga bisa. Saat PMS, biasanya perempuan lebih ingin makanan yang manis atau makanan favorit. Selain itu, nafsu makan pun meningkat karena perubahan hormon yang terjadi. Nah, kalau hamil muda biasanya memiliki tingkatan yang berbeda. Bahkan perempuan hamil kerap enggan mencium atau menemui sesuatu secara tiba-tiba.

Ngidam makanan. (Via: hourwaist.com)

Nah, itulah perbedaan dan persamaan antara gejala PMS dan hamil muda. Meski mirip, kamu nggak perlu khawatir sama gejala-gejala di atas sebagai tanda kehamilan selagi kamu nggak melakukan hubungan seks sebelumnya. Untuk memastikannya, kamu perlu melakukan tes kehamilan lebih lanjut dengan testpack atau pergi ke dokter kandungan. :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading