Sukses

Lifestyle

Selain Tempat Tidur, Meja Ini Juga Anti Gempa

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini, beredar kabar sebuah tempat tidur anti gempa sedang dikembangkan untuk menyelamatkan nyawa manusia. Ide inovasi tempat tidur anti gempa ini muncul dari berbagai pengalaman dan sejarah gempa yang terjadi pada masa lalu. Tak jarang gempa, baik teknonik maupun vulkanik menyapa pada malam atau dini hari, saat semua orang sedang tidur nyenyak. Untuk itu, mereka membuat tempat tidur yang bisa menyelamatkan nyawa para korban gempa yang sedang terlelap. 

Ternyata, tak hanya tempat tidur yang didesain anti gempa. Sudah lama Jepang, negara yang paling sering mengalami gempa ini mengembangkan teknologi bangunan anti gempa. Tak mau kalah, banyak negara yang kini mengembangkan jembatan layang dan jembatan penghubung antar pulau yang tahan gempa. Bahkan, tahun 2012 lalu, Bezalel Academy di Yerusalem, Israel menciptakan suatu inovasi yang bisa menyelamatkan anak-anak sekolah dari gempa bumi. 

Selama ini, anak-anak sekolah diajarkan untuk berlindung di bawah meja sekolah ketika gempa terjadi. Padahal, dilansir dari situs resmi Bezalel Academy, tidak semua meja sekolah kuat menahan beban runtuhan bangunan. Artinya, bersembunyi di bawah meja tak akan bisa menyelamatkan nyawa para murid. 

Selain Tempat Tidur, Meja Ini Juga Anti Gempa | via: thedailybeast.com

Untuk itu,  Arthur Brutter dan Ido Bruno dari Bezalel Academy Labs for R&D, mengembangkan suatu teknologi baru, meja anti gempa yang kokoh di tahun 2012. Pada saat mereka melakukan tes ketahanan beban di Padua, Italia, meja tersebut sanggup menahan beban hingga 1 ton. Mereka mencoba mulai dari beban seberat 500 kg. Kemudian beban ditingkatkan menjadi 800 kg dan bahkan 1 ton! Meja tetap berdiri kokoh, meski mengalami sedikit kerusakan. Tapi, meja tersebut masih bisa memberikan rongga untuk dua anak sekolah agar tetap bisa bernapas dan bergerak. 

Selain kuat, meja ini juga berukuran cukup besar, hingga cukup untuk melindungi dua anak sekolah. Meskipun besar, meja ini ternyata cukup ringan. Mereka mendesainnya seringan mungkin, agar bisa diangkat dua orang anak kecil. Bezalel Academy beserta para pengembang dan desainernya sangat berharap, sekolah-sekolah di seluruh dunia memiliki meja yang kokoh dan benar-benar bisa melindungi para murid ketika gempa menyapa. Agar lebih jelas dan paham, langsung saja tonton video di bawah ini, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Inovasi

  • Tren

Loading