Sukses

Lifestyle

Baru Muncul Lagi pada 2056, Gerhana Matahari 2016 Bikin Heboh!

Fimela.com, Jakarta Gerhana matahari total di Indonesia yang akan terjadi pada 9 Maret mendatang kini tengah menjadi perbincangan masyarakat dunia. Pasalnya fenomena langka tersebut baru akan terlihat lagi dalam waktu 40 tahun kedepan, atau tepatnya pada tahun 2056. Tak heran jika masyarakat dunia menganggap bahwa gerhana matahari total 2016 yang akan terlihat di Indonesia itu jadi peristiwa paling ditunggu.

Momen langka tersebut memang hanya muncul atau dapat terlihat dibeberapa wilayah di seluruh dunia, namun kali ini beruntungnya peristiwa tersebut hanya akan terlihat di Indonesia. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin mengatakan, gerhana akan melintasi 11 provinsi di Indonesia: Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Baru Muncul Lagi pada 2056, Gerhana Matahari 2016 Bikin Heboh! | via: i.ytimg.com

"Gerhana matahari total di bagian timur Indonesia akan berlangsung sekitar 3 menit pukul 09.00 waktu setempat. Sedangkan di bagian barat akan berlangsung sekitar 2 menit pukul 07.30 WIB," tutur Thomas seperti dikutip dari Antara. Gerhana matahari total hanya akan terjadi ketika bulan berada diantara matahari dan bumi sehingga bayang-bayang bulan akan jatuh ke permukaan bumi. Daerah yang dilewati bayang-bayang itu akan mengalami gerhana. Dan kali ini hanya Indonesia satu-satunya negara yang dilintasi bayangan tersebut.

Dan berikut ini adalah beberapa lokasi strategis untuk menyaksikan gerhana matahari total di Indonesia yang akan terjadi pada 9 Maret mendatang. Palembang (Mulai gerhana matahari total: 07.20 WIB), Belitung (Mulai gerhana matahari total: 07.22 WIB), Bangka (Mulai gerhana matahari total: 07.21 WIB), Sampit (Mulai gerhana matahari total: 07.27 WIB), Palangkaraya (Mulai gerhana matahari total: 07.28 WIB), Balikpapan (Mulai gerhana matahari total: 08.33 WITA), Palu (Mulai gerhana matahari total: 08.37 WITA), Poso (Mulai gerhana matahari total: 08.38 WITA), Luwuk (Mulai gerhana matahari total: 08.41 WITA), Ternate (Mulai gerhana matahari total: 09.51 WIT), Halmahera (Mulai gerhana matahari total: 09.54 WIT). 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading