Sukses

Lifestyle

Jangan Terkecoh, Ini Bedanya Jaket Kulit Palsu dan Asli

Fimela.com, Jakarta Jaket kulit merupakan salah satu barang fesyen yang saat ini tengah digandrungi masyarakat. Jika dulu jaket ini identik dengan pria yang terlihat gagah, saat ini jaket kulit juga banyak dipakai oleh wanita. Bagi kamu yang mungkin juga tertarik untuk membeli jaket kulit atau menambah koleksi jaket kulit di rumah, sebaiknya kamu tahu perbedaan di antara jaket kulit yang banyak dijual di pasaran.

Salah satu yang paling mudah dikenali adalah jaket yang terbuat dari kulit hewan asli dengan jaket yang terbuat dari kulit imitasi atau tiruan. Tetapi kulit yang dipakai untuk pembuatan jaket ini pun ternyata beragam. Berikut adalah beberapa tips buat kamu yang mungkin belum mengetahui perbedaan setiap jaket kulit yang ada agar tidak terkecoh saat membeli.

Di Indonesia, bahan yang sering dipakai untuk membuat jaket kulit yang asli adalah kulit domba, kulit kambing, dan kulit sapi. Ketiganya memiliki ciri-ciri yang berbeda di mana jaket yang dibuat dari kulit domba memiliki warna terang dan pori-pori jaketnya kecil. Jaket kulit domba juga tidak memiliki bau yang kuat seperti jaket yang terbuat dari kulit kambing. Jaket yang terbuat dari kulit kambing maupun sapi memiliki warna yang lebih kusam dan pori-pori yang lebih besar. Selain itu, pada jaket kulit kambing biasanya ditemukan banyak jahitan untuk menyambung potongan kulit kambing tersebut.

Jangan Terkecoh, Ini Bedanya Jaket Kulit Palsu dan Asli | via: aliexpress.com

Selanjutnya untuk membedakan antara kulit asli dengan kulit imitasi, kamu dapat memperhatikan beberapa hal. Yang pertama adalah bau dari jaket kulit tersebut. Jaket kulit yang asli biasanya tetap memiliki bau yang berasal dari hewan, sedangkan kulit imitasi tidak. Jaket kulit asli memiliki kualitas dan kenyamanan yang lebih bagus dibandingkan dengan kulit imitasi. Pada udara panas, jaket kulit asli akan memberi rasa sejuk dan pada udara dingin, jaket kulit asli akan memberi rasa hangat, tetapi hal ini tidak akan terjadi pada jaket kulit imitasi.

Jangan Terkecoh, Ini Bedanya Jaket Kulit Palsu dan Asli | via: jannatenterprises.com

Cara lain untuk membedakan adalah dengan membandingkan berat, di mana jaket kulit asli akan lebih berat dibandingkan dengan kulit imitasi atau sintetis. Pada bagian lengan jaket kulit asli juga biasanya akan terlihat bagian yang sedikit berkerut karena kondisi kulit asli hewan tersebut. Namun kulit sintetis atau imitasi akan tampak halus di semua bagian. Yang terakhir adalah harga, di mana jaket kulit asli memiliki harga lebih tinggi karena kualitasnya pun lebih baik dibanding dengan imitasi. (M. Sufyan) 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading