Sukses

Lifestyle

Tempat Terbaik untuk Melihat Gerhana Matahari 2016 di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Baru akan terjadi lagi pada 40 tahun mendatang, yakni 2056, tak heran kalau fenomena gerhana matahari 2016 hangat diperbincangkan. Tak hanya oleh warga Indonesia, namun juga publik dunia. Jadi salah satu wilayah terbaik untuk menyaksikan sang fenomena langka, Indonesia akan kebanjiran turis Maret mendatang.

Gerhana matahari itu sendiri terjadi kala bulan menghasilkan dua bayangan, yakni umbra dan penumbra. Daerah yang berada di lingkupan umbra akan mengalami gerhana matahari total. Sedangkan wilayah penumbra harus puas dengan gerhana matahari sebagian.

Ilustrasi gerhana matahari 2016. | via: i.space.com

Meski Sulawesi Tengah tengah berencana menggelar 'festival gerhana matahari' yang akan dipadukan dengan berbagai atraksi, termasuk tarian dan nyayian, namun dimuat oleh Indonesia Travel, provinsi Maluku Utara lah yang jadi spot terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari 2016.

Di Maluku Utara itu sendiri, Tidore, Ternate, dan Harmahera jadi tiga tempat paling populer untuk menyaksikan 'atraksi' langka yang akan berlangsung pada 9 Maret tersebut. Maklum saja, ketiganya memang punya ketersediaan akomodasi yang cukup memadai. Di tambah akses ke sana pun sudah terbilang mudah.

Selain menyaksikan gerhana matahari 2016, ketiga destinasi itu pun punya pesona berupa panorama alam dan kearifan budaya lokal yang sayang untuk dilewatkan. Jadi paket lengkap, bukan? Bisa menghabiskan waktu di timur Indonesia sekaligus menikmati fenomena langka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading