Sukses

Lifestyle

3 Kondisi Keuangan yang Bikin Kamu Tak Perlu Lagi Menabung

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa menjadi kaya, atau minimal memiliki kondisi keuangan yang sehat, menabung emnjadi salah satu jalan yang paling jelas. Tapi, banyak orang yang merasa sangat terpaksa untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Sampai-sampai mereka membuat aturan sendiri agar bisa menabung setiap bulan. 

Ada pula orang yang bela-belain menyisihkan uangnya meski harus mengurangi makan dan tidak memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Hal ini tentu saja sangat menyiksa. Dari pada kamu tidak bisa memenuhi kebutuhan, lebih baik jumlah uang yang kamu sisihkan dikurangi. Atau, tidak menabung sama sekali! 

Gajimu pas untuk kebutuhan sehari-hari. Tak peduli berapa jumlah gaji, ada beberapa orang yang memang gajinya pasti habis untuk memenuhi kebutuhannya. Biasanya, gaji mereka tidak terlalu banyak. Sementara mereka harus menanggung biaya hidup adik-adik, orangtua, dan anggota keluarga yang lain. Kalau situasinya seperti ini, lebih baik kamu tidak memaksakan diri untuk menabung. Hingga pendapatanmu meningkat, satu-satunya yang harus kamu pikirkan adalah keluarga dan kebutuhan hidupmu. 

Kamu punya banyak utang. Jangan pernah menabung atau menginvestasikan uangmu ketika kamu masih punya banyak utang. Berjuanglah untuk membayar utangmu terlebih dahulu. Setelah semuanya lunas, kamu bisa bernapas lega dan mengatur uangmu agar bisa ditabung dan diinvestasikan. 

Sakit keras. Tak ada yang lebih penting dari kesehatan. Mungkin, tanpa memerhatikan kesehatan, kamu tetap bisa mendapatkan uang yang banyak dan menjadi miliarder. Tapi, kamu tak akan bisa dengan puas menikmati hasil jerih payahmu karena harus bolak-balik ke rumah sakit. Karena itu, kalau kamu memiliki penyakit serius, sebaiknya gunakan tabunganmu untuk pengobatan. Setelah itu, kamu bisa mulai dari awal untuk berinvestasi dan menabung. 

Itu dia tiga hal yang bisa jadi alasan untuk tidak menabung. Tapi, jangan sampai kamu menjadikan persoalan lain sebagai alasan untuk tidak menabung. Selain ketiga hal di atas, seburuk apa pun kondisimu keuangan personalmu, kamu tetap harus menabung. Jangan lupa juga untuk berinvestasi agar uangmu 'beranak-pinak.'

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading