Sukses

Lifestyle

Karya dari Sosok di Balik Pertanyaan 'Siapakah Penemu Televisi?'

Fimela.com, Jakarta John Logie Baird, sosok di balik pertanyaan 'siapakah penemu televisi?' sempat hiasi Google Doodle kemarin, Selasa (26/1). Bukan berulang tahun, namun sang mesin telusur ternama, Google, memberikan penghormatan terkait demonstrasi publik akan televisi yang dilakukan untuk kali pertama 90 tahun silam.

Time memuat, di pertengahan tahun 1920-an, seorang penemu asal Skotlandia, John Logie Baird, mengagaskan satu ide. Terkait penggabungan cakram yang bergulir di setiap lensa di sekitar tepian yang bisa merefleksikan cahaya dari objek di depannya.

Jawaban akan 'siapakah penemu televisi?' terpampang di Google Doodle hari ini, Selasa (26/1). | via: Google

Cara kerja penemuan John ini sebenarnya 'menangkap' cahaya di sisi lain cakram yang kemudian ditransformasikan ke dalam kode-kode elektrik. Kemudian, tinggal merekonstruksi gambar dari objek orisinal. Mungkin terdengar begitu sederhana sekarang. Namun, itu lah dasar bagaimana televisi bisa bekerja.

Lakukan demonstrasi di hadapan beberapa ilmuwan dan jurnalis di London, John yang semula tak memehami sepenuhnya bagaimana mengirimkan gambar lewat suatu ruang tertentu pada akhirnya mencatatkan peritiwa penting dalam sejarah televisi. Sebagaimana dimuat Independent, berikut gambar pertama yang berhasil direkam oleh penemuan John.

'Screenshot' dari gambar yang berhasil direkam oleh sosok di balik pertanyaan 'siapakah penemu televisi?', John Logie Baird. | via: Science & Society Picture Library/Getty Images

Di tahun 1928, sederet department store di London mulai menjajakan televisi untuk dibawa pulang oleh para pelanggan. Kala itu, menyertakan potret yang berhasil direkam pertama kali jadi salah satu cara untuk menjual televisi. Meski tak terlalu jelas, namun sosok di balik pertanyaan 'siapakah penemu televisi?' ini pada akhirnya berhasil mempublikasikan televisi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading