Sukses

Lifestyle

Akhiri Aktivitas di Indonesia, Begini Sejarah Ford

Fimela.com, Jakarta Kabar sedih berhembus dari Ford Motor Indonesia. Pasalnya, perusahaan yang sebenarnya sudah mulai memasuki Indonesia sejak 1989 ini gulung tikar. Pengumuman tersebut pun muncul di situs resminya pada Senin (25/1) lalu.

Ford Motor Company, pertama kali merambah dunia otomotif tanggal 16 Juni 1903. Saat itu Henry Ford dan kesebelas rekan bisnisnya menandatangani perjanjian kerjasama dengan modal 28.000 USD. Pada waktu tersebut, mereka pun mendapatkan predikat salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Meski termasuk sebagai perusahaan terbesar, Ford Motor Company merintis usahanya dari skala kecil. Pada tanggal 20 Juli 1903, pengiriman pertama pun dilakukan untuk seorang dokter di Detroit, Michigan. Tahun 1913 pun menjadi tahun keberuntungan bagi perusahaan yang digawani Henry Ford ini. Karena di tahun tersebut pembuatan mobil massal Ford akhirnya dimulai. Pabrik pertamanya pun berlokaskan di Highland Park di Michigan.

 

A photo posted by Ford Indonesia (@fordindonesia) on

Pada 24 Februari 1956, Ford telah memiliki 350.000 pemegang saham. Kepekaan Henry Ford II terhadap perkembangan ekonomi dan politik kala itu pun membuat perusahaan ini mengepakkan sayapnya ke benua Eropa di tahun 1967. Selain itu, Ford pun mendirikan North American Automotive Operation di tahun 1971 yang menyatukan operasi Ford di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Dengan sejarah kesuksesan Ford Motor Company, sungguh disayangkan kenyataan bahwa FMI harus gulung tikar. Meski tak diucapkan dengan gamblang, namun tutupnya Ford di Indonesia diduga karena penjualan di Indonesia yang terus-terusan merugi. Kenyataan ekonomi dunia yang masih bergejolak pun disinyalir menjadi penyebabnya.

 

A photo posted by Ford Indonesia (@fordindonesia) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading