Sukses

Lifestyle

Gokil! NASA Bentuk Tim Khusus untuk Cegah Kiamat

Fimela.com, Jakarta Kiamat. Mendengar kalimat tersebut, pikiranmu pasti akan menggambarkan sebuah peristiwa tak terbayangkan. Di mana bumi dan segala isinya hancur. Sebuah laporan baru menyebutkan bahwa NASA membangun sebuah tim untuk melindungi Bumi terhadap ancaman asteroid dan komet.

Space.com melaporkan, tim yang berbentuk sebuah organisasi bernama Planetary Defense Coordinator Office (PDCO) atau Badan Koordinasi Pertahanan Planet berada di bawah divisi Planetary Science NASA ini bermarkas di Washington, D.C. Selian itu, organisasi ini juga dikabarkan akan dipimpin oleh Lindley Johnson, salah satu eksekutif NASA untuk program near-Earth Object (NEO). "Pendirian Kantor Koordinasi Pertahanan Planet menjadi bukti bahwa NASA berkomitmen untuk berperan penting menjadi pemimpin usaha nasional maupun internasional dalam mendeteksi bahaya alam," kata Lindley Johnson pada NASA.

Ilustrasi asteroid mendekati Bumi. (Via: telegraph.co.uk)

Jelas saja NASA sampai membuat badan petahanan. Asteroid merupakan salah satu benda luar angkasa yang sangat berbahaya. Bahkan, keberadaan asteroid disebut-sebut sebagai penyebab punahnya dinosaurus di zaman purbakala. Diwartakan oleh Space.com, laporan terakhir dari Ad-Hoc Task Force on Planetary Defense, dalam menajalankan tugasnya, PDCO setidaknya memiliki lima kewajiban yang harus dijalani, yaitu mengawasi setiap objek yang berada di dekat orbit Bumi dan sekitar matahari, memimpin operasi pertahanan terhadap ancaman asteroid, bekerjasama dengan berbagai agensi pemerintahan, membantu pemerintah untuk mengatasi krisis akibat ancaman asteroid, dan memberikan peringatan awal kepada dunia tentang ancaman asteroid yang berdasarkan fakta ilmiah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading