Sukses

Lifestyle

Pertama! Astronot NASA Tanam Bunga di Luar Angkasa

Fimela.com, Jakarta Menanam bunga, layaknya memang dilakukan di tanah gembur. Namun, rupanya kecanggihan peradaban dunia mematahkan kenyataan tersebut. Seorang astronot NASA, Scott Kelly menanam bunga di kapal Stasiun Luar Angkasa Internasional Veggie pada November 2015 lalu.

Dilansir dari CBS News pada Senin (18/1) yang mengutip dari blog NASA, penanaman bunga Zinnia ini dilakukan untuk mengetahui jenis bunga apa saja yang bisa ditanam di luar angkasa. Selama dua minggu proses pertumbuhan, astronot NASA Kjell Lindgren mencatata bahwa bunga berwarna oranye itu mengalami kelembaban tinggi dan aliran udara rendah.

Namun, NASA tak lantas mengatasi permasalahan tersebut. Sebab, tidak ada rencana perjalanan luar angkasa pada pertengahan Desember lalu. Setelah mendapatkan jadwal perjalanan ke luar angkasa, astronot NASA memutar kipas berkecepatan tinggi di ruang Veggie dalam upaya mengeringkan daun. Namun, usaha tersebut nggak berhasil, sebab jaringan dalam daun mulai mati dan tumbuh jamur.

Bunga Zinnia pada 8 Januari lalu. (Via: twitter.com/StationCDRKelly)

Pada 18 Desember 2015, astronot Scott Kelly yang bertugas sebagai tukang kebun kembali ke bumi dan membawa serta bunga Zinnia. Kemudian, ia memotong jaringan tanaman yang berjamur, lalu membersihkan permukaan tanaman menggunakan tisu dan memutar kipas berkecepatan tinggi untuk menjaga ruangan Veggie agar tetap kering.

Inilah bunga Zinnia yang tersisa kini. (Via: twitter.com/StationCDRKelly) 

Namun, pada malam Natal, Kelly melaporkan masalah baru, bahwa kipas yang digunakan malah mengeringkan tanaman. Menurut Kelly, tanaman butuh air lebih banyak walau jadwal pengiriman berikutnya nggak sampai 27 Desember 2015. Dilansir dari blog NASA yang dikutip dari CBS News, tim telah membuat pedoman dalam perawatan dasar bunga Zinnia. Meski demikian, tak lama setelah Natal, dua dari beberapa bunga Zinia akhirnya mati.

Pada 8 Januari lalu, Scott Kelly meng-update pertumbuhan bunga Zinnia yang tersisa melalui akun Twitternya. Ia mengatakan bahwa bunga Zinnia yang ditanam di luar angkasa itu kembali kembali segar dan nggak terlihat layu.

Bunga Zinnia yang ditanam di luar angkasa itu kembali kembali segar dan nggak terlihat layu. (Via: twitter.com/StationCDRKelly)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading