Sukses

Lifestyle

4 Fakta Amrita Sher-Gil, Pelukis India yang Jadi Google Doodle

Fimela.com, Jakarta Siapakah Amrita Sher-Gil yang sosoknya sempat diangkat mesin pencarian terbesar di dunia, Google menjadi Google Doodle? Seperti biasanya, Google selalu mengangkat tokoh dunia untuk menghiasi sampul depan mesin pencariannya. Nah, setelah mengangkat penemu antenna Yagi, Hidetsugu Yagi pada 28 Januari lalu, kemarin atau tepatnya Sabtu, 30 Januari 2016 Google kembali mengangkat tokoh dunia yang menginspirasi, yakni Amrita Sher-Gil.

Amrita Sher-Gil tentunya bukanlah sosok yang biasa-biasa saja, ia adalah pelukis terkenal di dunia yang berasal dari India. Berkat karyanya yang luar biasa, bukan hanya pujian, Amrita Sher-Gil juga mencatatkan diri sebagai pelukis wanita India termahal. Setidaknya terdapat 100 lukisan mahal karya Amrita Sher-Gil yang kini tersimpan di National Gallery of Modern Art. Dan inilah beberapa fakta tentang Amrita Sher-Gil yang harus kamu tahu.

Selain menjadi pelukis wanita termahal, inilah beberapa fakta yang harus kamu tahu tentang Amrita Sher-Gil.

Pertama, Amrita Sher-Gil lahir di Budapest, Hongaria, dari pasangan Umrao Singh Sher-Gil Majithia dan Marie Antoinette Gottesmann. Umrao Singh Sher-Gil Majithia, seorang bangsawan Sikh dan seorang sarjana dalam bahasa Sansekerta juga Persia, sementara Marie Antoinette Gottesmann seorang penyanyi opera Yahudi dari Hongaria. Kedua, lahir pada 30 Januari 1913, jika dihitung pelukis yang kini sudah berusia 103 tahun tersebut merupakan salah satu pelukis wanita yang berpengaruh pada abad ke-20 lalu.

Ketiga, Amrita Sher-Gil mulai memasuki dunia lukis pada usia yang ke-5 tahun, namun saat itu ia belum serius ‘cemplung’ didalamnya, baru pada usia ke-8 tahun Amrita Sher-Gil mulai mempelajari lebih jauh tentang arti dan makna sebuah lukisan. Tak heran berkat kerja kerasnya belajar melukis, nama Amrita Sher-Gil sering dibanding-bandingkan dengan pelukis wanita terkenal lainnya asal Meksiko, Frida Kahlo.

Keempat, You Girls adalah judul lukisan yang dibuat oleh Amrita Sher-Gil saat dirinya tengah menempuh pendidikan melukis di Grande Chaumiere dan Ecole des Beaux-Arts, Paris. Lukisan itu membawa nama wanita asal India tersebut menuju ketenaran, padahal saat itu usia Amrita Sher-Gil masih 16 tahun. Beberapa karyanya yang terkenal dan masih dikagumi oleh banyak orang diseluruh dunia adalah Bride’s Toilet, Brahmacharis, dan South Indian, Villagers Going to Market

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading