Sukses

Lifestyle

Dede 'Manusia Akar' Dikenal sebagai Figur Inspiratif

Fimela.com, Jakarta Seakan enggan menipis, kabut duka masih saja menggantung karena kepulangan Dede 'manusia akar'. Laki-laki yang telah berjuang melawan kondisi tubuh langka selama 28 tahun itu menghembuskan napas terakhir pada Sabtu (30/1), sekitar pukul 03.30 WIB di salah satu ruang perawatan rumah sakit Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat.

Selama hidup, nama Dede cukup rajin wara-wiri di telinga publik. Penyakit langka yang diderita laki-laki bernama lengkap Dede Koswara ini membuat publik terheran-heran. Kutil yang tumbuh hampir diseluruh tubuh membuat Dede 'bertransformasi' menjadi manusia akar.

Sebelum meninggal, dede 'manusia akar' sempat mengutarakan impian-impiannya. (Telegraph)

Kondisi bertambah parah, Dede 'manusia akar' pun menjadi operasi pengangkatan kutil di tahun 2008. Meski tak bisa dikatakan sembuh secara total, namun kondisi laki-laki yang sempat berkeinginan menjadi wirausaha ini membaik. Kutil di tubuh Dede tak lagi sebesar hari-hari sebelum operasi dilakukan.

Bukan satu-satunya 'manusia akar' di Indonesia, keberhasilan operasi Dede ini memberi inspirasi dan harapan hidup bagi sesama penderita kondisi tubuh langka. Salah satunya, Zainal. Terlihat pada satu klip yang diunggah Discovey Tv di Youtube enam tahun silam, kedua 'manusia akar' ini akhirnya bertemu tatap muka.

Meski kondisi tubuh keduanya tak sama persis, namun Zainal sempat mengatakan bahwa Dede 'manusia akar' merupakan salah satu alasan mengapa ia berani menjalani operasi. Perbincangan yang berlangsung sebelum Zainal pulang ke Lampung itu juga dimanfaatkan keduanya untuk berbagi rasa atas kondisi langka mereka.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading