Sukses

Lifestyle

3 Tips Kecantikan 'Sesat' dari Pinterest yang Bisa Rusak Kulit

Fimela.com, Jakarta Menjamurnya media sosial membuat orang-orang jadi 'melek' akan dunia luar. Beberapa orang jadi lebih aktif untuk berbagi di dunia maya seperti Facebook, Twitter, atau Pinterest. Bagi orang-orang menjunjung tinggi kecantikan, keindahan, dan seni, mungkin Pinterest jadi media sosial yang cocok untuk mereka.

Di Pinterest, kamu bisa menemukan berbagai jenis tips berupa gambar tutorial mengenai kecantikan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Bisa dibilang, media sosial yang satu ini adalah wadah di mana orang-orang kreatif berkumpul. Mereka membuktikan bahwa kecantikan, keindahan, serta seni adalah hal yang sederhana bahkan gratis untuk didapat. Beberapa trip dan trik mungkin kelihatan agak 'maksa', tapi itu benar-benar ada di sana. Namun, rupanya dari kekreativitasan itu, terkadang mereka nggak memperhatikan soal kebersihan serta keamanan. Seperti tips-tips kecantikan, misalnya. Dikutip dari Health.com, Dendy Engelman, ahli bedah dermatologi di New York, mengungkapkan betapa buruknya beberapa tips kecantikan yang ada di Pinterest. Berikut tiga di antaranya.

Mengangkat komedo pakai lem. Beberapa tips di Pinterest mengklaim bahwa jika kamu bisa melapisi hidungmu dengan lem dan membiarkannya hingga kering untuk mengangkat komedo. Meskipun tampaknya tips dari Pinterest itu berkerja, namun lem tersebut dibuat bukan untuk kulitmu. Dikhawatirkan justru bisa  menyebabkan kerusakan besar pada kulitmu. "Perekat terlalu kuat untuk kulit halus di sekitar hidung atau kulit wajah," kata Dr Engelman dikutip dari Health.com. Menarik lem dapat menyebabkan pembuluh kapiler rusak.

Mengangkat komedo pakai lem. (Via: pinterest.com)

Membuat eyeliner model mata kucing pakai selotip. Dalam usaha untuk menyempurnakan mata kucing seperti Amy Winehouse atau tulang pipi yang menyaingi tulang pipi Keira Knightley, beberapa makeup artist telah merekomendasikan menggunakan selotip untuk menyempurnakannya. Dr. Engelman mengatakan ada dua masalah utama saat menggunakan selotip di sekitar mata. Pertama, perekat pada pita dapat menyebabkan peradangan pada kelopak mata. Kedua, tarikan pada kulit dapat mempercepat kerutan. Adapun di pipi atau di tempat lain di wajah, penarikan pita dapat meregangkan kulit dari waktu ke waktu, dan menyebabkan kendur.

 Membuat eyeliner model mata kucing pakai selotip. (Via: pinterest.com)

Mencerahkan kulit gelap pakai lemon. Kadang-kadang, bahan alami menjadi pilihan terbaik. Namun jawabannya adalah tidak selalu. "Saya sering bercanda bahwa arsenik dan sianida yang organik, tetapi itu tidak berarti mereka baik bagi manusia," ujar Dr Engelman. Dia memperingatkan bahwa meskipun menggunakan jus lemon untuk menghilangkan bintik-bintik gelap, hal tersebut sering menyebabkan kaustik pada kulit dan kamu bisa mendapatkan luka bakar karenanya. PH jus lemon, yaitu sekitar 2, bisa sangat mengganggu bagi kulit sensitif, rosacea, atau eksim.

Mencerahkan kulit gelap pakai lemon. (Via: thefitindian.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading