Sukses

Lifestyle

Gunakan Panas Bumi, PLN Alirkan Listrik ke Manggarai

Fimela.com, Jakarta Seakan ingin menjamah hingga ke pelosok, PT PLN (Persero) memanfaatkan energi panas bumi demi membantu aliran listrik di Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal tersebut diwujudkan sebagai bentuk komitmen dalam pemanfaatan sumber daya baru.

Sebagaimana diwartakan Liputan6.com, Plt Kepala Satuan Komunikasi Korporat Agung Murdifi menuturkan, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) bersumber di tiga sumur dengan kedalaman masing-masing untuk ulumbu 1 1.887,4 meter, ulumbu 2 sekitar 878,6 meter, dan ulumbu 3 945,4 meter.

Ilustrasi lampu yang menyala setelah PLN memanfaatkan panas bumi untuk mengaliri listrik. (vi.sualize.us)

Lebih lanjut Liputan6.com melaporkan, PLTP ulumbu punya daya sebesar 4 x 2,5 Mega Watt (MW) yang memasok aliran listrik ke Ruteng. Beberapa daerah yang mendapat aliran listrik dari PLTP ini, yakni kabupaten Manggarai, sebagian Manggarai Timur, dan Manggarai Barat.

"Ulumbu ini terletak di Desa Wewo, Manggarai, dekat dengan gunung vulkanik Anak Ranaka. Memanfaatkan sumber uap dari kaki gunung Pocoleok," kata ‎Agung, di Jakarta, Kamis (11/2), seperti dilansir Liputan6.com. Hingga kini, sistem listrik di Ruteng bersumber dari PLTD Waso dan PLTP Ulumbu.

Pekerja tengah memasang Trafo IBT 500,000 Kilo Volt di Gardu induk PLN Balaraja, Banten, Kamis (16/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berdasarkan laporan Liputan6.com, keberadaan PLTP Ulumbu membuat PLN berhasil menekan Biaya Pokok Produksi (BPP) hingga 60%. Sebelumnya ketika hanya dipasok PLTD, aliran listrik Ruteng membutuhkan bahan kabar solar hingga 900 ton setiap bulan. Namun kini, hanya membutuhkan 150 ton per bulan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading