Sukses

Lifestyle

Ilmuwan Temukan Alat untuk Menghapus Ingatan, Berani Coba?

Fimela.com, Jakarta Terkait menghapus dan menciptakan memori, angan sebagian besar orang mungkin langsung terlontar ke salah satu film produksi tahun 2004, Eternal Sunshine of the Spotless Mind. Bagaimana tidak, alur epic film garapan Michel Gondry itu mengisahkan pasangan yang berusaha saling melupakan.

Bukan dengan cara normal, keduanya malah memilih satu teknologi yang diceritakan bisa menghapus dan menanam memori baru pada benak seseorang. Tak hanya hangover di Back to the Future yang jadi nyata, namun 'alat ajaib' Eternal Sunshine of the Spotless Mind pun 'diboyong'.

Film Eternal Sunshine of the Spotless Mind. (indiewire.com)

Sebagaimana dimuat Ny Daily News ilmuwan sudah menemukan cara untuk menghapus dan menciptakan memori baru. Hal itu dibuktikan dalam sebuah dokumentasi singkat yang diberi nama Memory Hackers.Pada satu bagian, terlihat ilmuwan sedang mencoba mesin baru seperti pengobatan yang bisa mengendalikan memori.

News Discovery memuat, salah satu profesor psikologi dari London South Bank University yang berkontribusi dalam penelitian ini, Julia Shaw, berhasil meyakinkan seseorang untuk mengakui kejahatan yang belum perah terkuak. Bagaimana pun, News Discovery mewartakan, hasil penelitiannya punya potensi berbahaya.

'Memory Hacker', temuan yang bisa menghapus dan menciptakan ingatan baru. (Youtube)

Dokter lain yang juga berada dalam dokumentasi, Merel Kindt, menemukan sebuah pengobatan untuk menghapus efek buruk dari beberapa memori spesifik. Sebagaimana dimuat News Discovery, salah satu subjek pertama yang mencoba temuan ini adalah anak berusia 12 tahun dari Saint Louis, Jake Hausler.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading