Sukses

Lifestyle

4 Langkah Mudah Periksa NISN Buat Para Siswa

Fimela.com, Jakarta Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) yang merupakan sistem pendataan siswa skala nasional berupa kode identitas sangat penting untuk setiap siswa. Meski hanya sederet angka, nomor ini pasti akan selalu kamu 'bawa' ke mana-mana setiap kali ada prosedur yang berkaitan dengan pendidikan. Misalnya, daftar kuliah, ujian, dan lainnya. 

Karena belum banyak anak-anak sekolah yang paham tentang NISN ini, mereka akhirnya kebingungan saat harus mencantumkan NISN mereka. Nah, jangan sampai kejadian ini juga menimpa kamu atau adik-adikmu. Begini caranya mengecek kode identitas siswamu. 

Kamu butuh Internet untuk membuka laman resmi Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud). Kamu bisa langsung klik di sini. Nah, kalau lamannya sudah terbuka dengan sempurna, kamu akan diberikan dua pilihan. Mencari berdasarkan nama siswa, atau NISN. Kalau kamu ingin tahu berapa NISN-mu, pilih Pencarian Berdasarkan Nama. 

4 Langkah Mudah Periksa NISN Buat Para Siswa | via: kemdikbud.go.id

Isi form. Setelah itu, kamu tinggal isi namamu, tempat, dan tanggal lahir sesuai kolom. Setelah itu, klik Cari. Tak perlu waktu banyak, hanya dalam hitungaan detik, NISN, nama lengkap, serta tempat dan tanggal lahirmu akan tertera pada laman tersebut. 

4 Langkah Mudah Periksa NISN Buat Para Siswa | via: kemdikbud.go.id

Data tidak ada? Kalau kamu sudah melakukan pencarian sesuai langkah-langkah di atas, namun data tidak muncul, ada beberapa kemungkinan. Pertama, server mungkin sedang penuh. Atau lamannya sedang mengalami perbaikan. Kalau kamu tidak yakin, cobalah untuk menghubungi pihak Kemdikbud. 

4 Langkah Mudah Periksa NISN Buat Para Siswa | via: miftahadv.com

Muncul "no records to display." Beda lagi kalau yang muncul bukannya data tapi tulisan "no records to display." Munculnya tulisan ini juga ada beberapa kemungkinan. Pertama, kamu salah memasukkan nama dan tanggal lahirmu sendiri. Atau ada kesalahan penulisan. pastikan kamu benar-benar memasukkan data sesuai dengan ijazah dan akte kelahiran. Kalau sudah yakin benar tapi masih juga muncul tulisan yang sama, sebaiknya kamu hubungi pihak sekolahmu untuk meminta bantuan. Jangan sampai kamu belum terdaftar dan belum punya NISN!

4 Langkah Mudah Periksa NISN Buat Para Siswa | via: kemdikbud.go.id

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading