Sukses

Lifestyle

Jogja Melihat Gerhana, Persiapan Warga Menyambut Gelapnya Angkasa

Fimela.com, Jakarta Rabu (9/3) nanti, gerhana matahari total akan berlangsung di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Sejumlah rencana pun disiapkan untuk menyambut datangnya fenomena alam yang datangnya sekitar 33 tahun sekali ini. Salah satu kota yang merayakannya adalah Yogyakarta.

Sebuah acara nobar (nonton bareng) bertajuk Jogja Melihat Gerhana telah disiapkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang bekerja sama dengan Pemkot Yogyakarta dan Taman Pintar di Tugu Pal Putih atau lebih dikenal dengan Tugu Jogja. "Nonton bareng akan dipusatkan di perempatan Tugu Yogyakarta dan masyarakat dapat ikut langsung nobar gerhana matahari,"kata Toni Agus Wijaya, selaku Kepala BMKG Yogyakarta, Rabu (3/2) pada Liputan6.com.

 

Foto kiriman Penjelajah Langit (@penjelajah.langit) pada

Menurut Tony, pihaknya akan menyiapkan peralatan untuk melihat gerhana matahari total yang akan berlangsung sepekan mendatang. Mengingat keterbatasan alat yang disiapkan, Tony menambahkan bahwa pihaknya akan menyiapkan layar lebar untuk menyaksikan bersama-sama bagi orang-orang yang tak bisa melihat lewat alat.

Rencananya, acara akan dimulai pada pukul 06.20 WIB di mana gerhana matahari sedang dimulai. Sedangkan puncaknya diperkirakan pukul 07.30 WIB dan akan berakhir pada 08.30 WIB. Diwartakan oleh Liputan6.com, Tony mengatakan bahwa gerhana matahari di Yogyakarta akan terlihat lingkaran matahari sebelah kiri. Meski tak menggunakan alat profesional, warga juga bisa menyaksikan gerhana matahari dengan alat sederhana.

Sejumlah mahasiswa mencoba peralatan  yang akan di gunakan untuk mengamati gerhana matahari di taman Pintar Yogyakarta, (2/3). Kawasan Tugu menjadi salah satu tempat pengamatan gerhana matahari pada 9 Maret 2016. (Liputan6.com/Boy Harjanto)

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa dari Komunitas Penjelajah Langit di Yogyakarta yang membuat kotak lubang jarum dan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari total di sana. Sebelum acara puncak Jogja Melihat Gerhana pada Rabu mendatang, telah berjalan serangkaian acara berupa workshop dan simulasi tentang gerhana matahari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading