Sukses

Lifestyle

Ini Dia 2 Lokasi Sempurna untuk Melihat Gerhana Matahari Total

Fimela.com, Jakarta Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada 9 Maret nanti merupakan sebuah fenomena langka yang sangat dinantikan oleh masyarakat di seluruh dunia, khusunya Indonesia. Pasalnya GMT kali ini akan melintasi 11 provinsi di Indonesia, yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan barat, Kalimantan tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi tengah, dan Maluku Utara.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin (7/3/2016), Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya menjelaskan bahwa GMT adalah fenomena alam di mana posisi atau kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu garis lurus. Efeknya, sebagian permukaan Bumi akan terkena bayangan gelap Bulan. “ Ini kesempatan bagus sekali bagi masyarakat untuk melihat fenomena itu di tempat yang jarang sekali. Karena kebetulan langka sekali tempatnya hanya di Indonesia, bisa sekali seumur hidup,” jelas Andi.

Memang tak semua wilayah di Indonesia dapat menyaksikan kesempurnaan Gerhana Matahari Total tersebut. Namun ada beberapa kota besar yang diperkirakan akan dilintasi oleh GMT, yakni Palembang, Palangkaraya, Tanjung Pandan, Muko-Muko, Balikpapan, Palu, dan ternate. Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo mengungkapkan ada dua lokasi sempurna untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total, yakni di Olele dan Taludaa di Kabupaten Bone Bolango.

Kamu yang tidak dapat menyaksikan langsung Gerhana Matahari Total, maka jangan khawatir karena BMKG akan menayangkan secara langsung proses terjadinya GMT melalui laman yang dapat diakses oleh masyarakat di Media.bmkg.go.id/hilal pada 9 Maret 2016.

 

 

Mentari Pagi H -4 #gerhanamataharitotal

A photo posted by Endra Kurniawan (@endra_kurn) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading