Sukses

Lifestyle

5 Penyakit yang Kamu Anggap Enteng Ternyata Mematikan!

Fimela.com, Jakarta Kematian memang tidak bisa diprediksi. Maut menghampiri kamu kapan pun dan di mana pun sesuai takdir. Namun angka kematian karena penyakit menjadi yang paling banyak menimpa manusia. 

Jika kamu mengenal penyakit berat yang sering merenggut nyawa seperti kanker, HIV/AIDS, dan sebagainya, kamu juga harus paham, ternyata penyakit-penyakit yang sering kamu anggap enteng ini justru berpotensi mematikan! Bahkan kelimanya menyebabkan kematian terbanyak umat manusia, lho! Ini karena mereka menyepelekan tanda-tandanya. Jika tidak segera ditangani maka nyawa bisa melayang. Penyakit apa saja sih? Yuk, simak uraian Bintang.com berikut yang dilansir dari askthedoctor.com.

1. Keracunan. Keracunan berdefinisi yakni karena ada zat asing yang masuk ke dalam tubuh namun ditolak oleh sistem pencernaan. Dalam beberapa kasus ada yang bisa dicerna tapi malah merusak organ pencernaan itu sendiri. Ada pula keracunan yang menyerang bagian pernapasan hingga penderita sangat kesakitan. Gejala keracunan ditandai dengan pusing, muntah, badan lemas, dan hilang kesadaran.

2. Flu. Biasanya penyakit satu ini diremehkan sebab sering datang dan pergi sesukanya dengan rutin. Penyakit ini memang tergolong ringan, dengan catatan, jika tidak bermutasi. Sebab bila bermutasi maka virus flu mengganas. Gak usah jauh-jauh, penyakit flu burung yang menjadi epidemi pada 2000-an contohnya. Virus ini merenggut ribuan nyawa. Apalagi jenis bermacam-macam, ada H5N1, hingga H7N9 bahkan H10N8, duh!

3. Panas-Demam. Penyakit ini mungkin tak terlalu berbahaya asalkan bukan menjadi gejala penyakit ganas. Namun demam terjadi karena penyakit ganas seperti demam berdarah. Jika terlambat mendiagnosanya bisa-bisa kritis dan mematikan.

4. Gizi Buruk. Penyakit ini sangat terlihat pada tubuh yang tidak mengalami penambahan berat badan. Bahkan tulang menyatu dengan kulit. Kamu pasti berpikir gampang-gampang saja mengobati gizi buruk. Cukup diberi makan maka pederita akan sembuh. Well, salah besar. Kenyataannya bagi penderita kronis, makanan biasa tak mempan. Ini lantaran sistem pencernaan mereka tak bekerja normal sehingga makanan masuk jadi sia-sia.

5. Diare. Ini penyakit yang sering disebut ber'kasta rendah' lantaran bisa terjadi pada siapapun, namun lebih sering terjadi pada orang tak mampu secara finansial. Jangan berpikir diare hanya buang-buang air saja. Untuk tingkatan yang parah, penderita akan terus menerus muntah dan buang air meski tak terisi makanan alias perut kosong. Di sini lah penderita mengalami dehidrasi. Jika tak segera ditangani bakal mematikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading