Sukses

Lifestyle

Tak Disangka, 12 Makanan Super Ini Bikin Ginjal Sehat

Fimela.com, Jakarta Sungguh gak nyangka. Makanan sehari-hari yang sering kamu sepelekan ini ternyata memiliki sejuta manfaat untuk ginjal kamu agar lebih sehat dan super! Dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia, jatuh pada Selasa pekan kedua di bulan Maret, Bintang.com mengajakmu mengenal bahan makanan luar biasa sehingga kamu kudu rutin mengkonsumsinya. Ada 12 bahan makanan dan setidaknya setengah dari mereka harus kamu santap supaya ginjalmu tetap eksis. 

Dilansir dari situs boldsky.com, Selasa (10/3/2016). Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang vital fungsinya untuk badan. Salah satunya yakni menyaring racun dalam darah. Jika ginjalmu tak sehat, maka racun dalam darah pun tak bisa disaring sempurna. Itu sebabnya jangan asal-asalan memperlakukan ginjalmu, apalagi sampai dijual. Hiiii, ngeri! Tak berlama-lama, ini 12 makanan yang bikin ginjal makin super. Check it out.

1. Bawang Putih. Anti oksidannya tinggi. Bawang Putih juga bisa mencegah penyakit darah menggumpal yang bisa bikin serangan jantung. Kolesterol jahat juga bisa dimusnahkan, bahkan radang pada organ tubuh bisa dicegah dengan bawang putih.

2. Buah beri-berian. Stroberi, cranberi, rasberi, bluberi, dan jenis beri lainnya merupakan nutrisi yang baik untuk ginjal. Mencegah radang pada ginjal sehingga fungsi organ tubuh ini lebih maksimal.

Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. (Istimewa)

3. Paprika. Paprika kaya vitamin A, C, dan B6. Jenis sayuran ini juga mengandung serat yang bagus banget buat ginjal.

Paprika merah sayuran yang pedas

4. Kecambah. Bikin ginjal sehat dan mengurai material berat di dalam ginjal.

Kecambah. (Via: maangchi.com)

5. Kol. Sudah sejak dulu sayuran ini berfungsi memperbaiki dan menutrisi ginjal.

Kol | Via: istimewa

6. Apel, anggur, dan ceri merupakan buah-buahan sehat yang bagus untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal.

Apel | Via: istimewa

7. Minyak zaitun. Kita semua tahu minyak zaitun merupakan minyak yang baik untuk hati dan ginjal.

Minyak zaitun | Via: istimewa

8. Bawang bombay. Bawang bombay merupakan jenis bahan makanan yang menghancurkan material berat dalam ginjal dan juga membersihkannya.

Bawang Bombay | via: food.com

9. Anggur merah. Buah ini mengandung flavanoids yang bikin darah tidak menggumpal. Mengkonsumsi anggur merah menjauhkan penyakit hati dan ginjal.

Dalam study jurnal sciene mengungkapkan kandungan resveratrol dalam buah anggur mengaktifkan protein yang mempromosikan kesehatan, umur panjang dan anti penuaan. (Istimewa)

10. Ceri. Meski kecil namun khasiatnya besar. Ceri kaya akan vitamin dan rendah protein yang baik baik ginjal.

Ilustrasi buah ceri

11. Putih telur. Putih telur kaya akan asam amino dan rendah fosfor yang bikin ginjal kamu super.

Putih telur | Via: stayonthehealthypath.com

12. Ikan. Semua ikan mengandung omega 3 yang bikin tubuh mampu memperbaiki jaringannya sendiri. Ikan salmom, makarel, atau tuna, semuanya enak dan berguna untuk ginjalmu

Nikmatnya makan ikan bisa jauhkan dari risiko gangguan pendengaran (Foto: femside.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading