Sukses

Lifestyle

Boros? 3 Cara Ini Bikin Kamu Rajin Menabung

Fimela.com, Jakarta Kamu selalu gagal berhemat hingga tak punya tabungan sama sekali? Tapi ingin keuangannya sehat dan aman secara finansial di mana depan? Keinginan untuk kaya dan punya keuangan yang sehat ini tidak bisa diraih kalau kamu masih juga hidup boros. 

Banyak orang sukses mengatakan, menabung adalah pondasi untuk menimbun kekayaan. Kamu tak akan pernah bisa punya jutaan rupiah kalau tidak mengumpulkannya sendiri. Tapi, menabung memang tak semudah apa yang orang lain katakan. Meskipun begitu, berikut ini tiga cara ampuh agar kamu bisa belajar untuk menabung secara perlahan. 

Tandai kalender. Kamu mungkin sulit sekali untuk menabung. Mungkin karena godaan untuk membeli barang yang kamu suka masih sangat kuat. Kamu bisa menyiasatinya dengan menandai tanggal di kalender. Tentukan kapan kamu harus menabung setiap bulan beserta jumlahnya. 

Periksa bunga pinjaman. Memiliki utang bukanlah kesalahan. Yang salah adalah ketika kamu tidak berusaha untuk melunasinya. Mungkin buat kamu yang punya utang akan bingung cara mengatur keuangan. Kamu mesti menabung, tapi juga harus membayar utang. Apa lagi utangmu tak hanya satu. Tapi, jangan khawatir. Utang yang pertama kali kamu harus lunasi adalah utang dengan bunga tertinggi. 

Bikin batasan. Jangan lupa untuk membuat aturan buat dirimu sendiri. Atur uangmu dengan baik. Pisahkan uang yang bisa kamu gunakan untuk 'bersenang-senang' dengan uang ongkos dan makan sehari-hari. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading