Sukses

Lifestyle

Duit 'Tiris?' 3 Cara Ini Bantu Mahasiswa Agar Tetap Bisa Berhemat

Fimela.com, Jakarta Kamu yang masih kuliah, mungkin memang sudah punya penghasilan sendiri tanpa mengandalkan orangtua. Tapi biasanya, ada saatnya kamu kehabisan uang. Ingin meminta kepada orangtua rasanya sangat malu. Kamu akhirnya hanya bisa menghitung hari dan meratapi nasib. Tapi kamu jangan khawatir, meski uang 'tiris,' kamu masih bisa berhemat tanpa harus merasa sangat sengsara. 

Tinggal bersama orangtua. Kamu yang tadinya memilih indekos, lebih baik tinggal bersama orangtua terlebih dahulu jika memungkinkan. The Simple Dollar menulis, meski ongkos dari rumah ke kampus agak mahal, tapi pengeluaranmu akan berkurang. Soalnya, kamu tidak akan jajan. Semua yang kamu butuhkan ada di rumah. 

Minum kopi di rumah. Kalau biasanya kamu beli kopi di warung kopi, bahkan kafe, sebaiknya kamu ubah kebiasaanmu. Kamu masih bisa menikmati kopi di pagi dan sore hari di rumah. Atau kalau kamu punya kupon dan reward, kamu bisa menggunakannya sekarang. Jatah ngopi di kafe bisa kamu tabung atau digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat. 

Menabung sedikit demi sedikit. Meski uangmu tinggal sedikit, usahakan kamu tidak kehabisan sampai Rp 0. Kamu harus berhenti makan di luar, meskipun hanya bakso dan jajanan lainnya. Kalau bisa jalan kaki, jangan naik kendaraan umum. Lebih baik kamu meyimpan uangmu. Meski jumlahnya sedikit, upayamu untuk berhemat pasti akan membuahkan hasil. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading