Sukses

Lifestyle

3 Cara Agar Gajimu Cukup untuk 30 Hari

Fimela.com, Jakarta Kehabisan uang di pertengahan atau akhir bulan bukan perkara gaji kurang. Tapi ini soal bagaimana caramu mengatur keuangan. Seringkali orang memiliki gaya hidup melebihi gajinya sebulan. Kalau begini terang saja bakal kurang. Lagi pula kalau gaya hidupmu boros dan konsumtif, gaji sebesar apa pun pasti kurang buatmu. 

Nah, supaya kamu terbebas dari siksaan ini, lebih baik kamu simak pembahasan berikut. Begini caranya mengelola uang supaya gajimu cukup untuk 30 hari. 

Punya dua rekening bank. Bukan cuma berhemat, kamu juga harus pandai memilah dan mengalokasikan uangmu. Karena itu, supaya uangmu tidak tercampur, kamu harus punya dua rekening bank. Satu untuk menabung, satu lagi untuk uang yang bisa kamu belanjakan. Tapi, ingat. Uang yang ada di rekening untuk menabung tidak boleh kamu pakai, ya. 

Jangan ada utang. Mungkin, record yang ada pada kartu kreditmu memang penting sebagai reputasi di mata bank. Tapi, untuk sekarang, cobalah untuk tidak berutang. Kamu harus lunasi dulu semua utang, sampai kamu bisa belajar untuk tahan nafsu buat berbelanja dan menggunakan kartu kredit. 

Catat setiap pengeluaran. Mungkin kedengarannya sangat merepotkan dan berlebihan. Tapi sebenarnya tidak, kok. Banyak orang yang mencatat setiap uang keluar. Meskipun hanya seribu, mereka pasti catat. Kalau kamu tidak mau repot mencatatnya dengan cara manual, kamu bisa unggah sebuah aplikasi yang memungkinkanmu tracking keuangan personal. Jadi, secara otomatis, setiap kamu belanja, aplikasi ini akan menghitung setiap pengeluaran dan pemasukan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading