Sukses

Lifestyle

Sebelum Usia 30 Tahun, Kamu Sudah Harus Bisa 6 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Masa muda, masa yang paling bahagia. Tak ada yang bisa 'mengaturmu' dan tak ada juga yang bisa menghentikan mimpimu. Tawa dan canda menjadi hal yang paling penting buatmu saat ini. Kamu mungkin juga masih ingin bersenang-senang. Waktu yang sangat membahagiakan itu sayangnya berlalu begitu cepat. 

Saat kamu menyadarinya, usiamu sudah terlalu tua untuk hanya bersenang-senang. Mirisnya, ada banyak hal yang seharusnya sudah kamu lakukan. Kamu bakal lupa kalau masa mudamu hanya sebentar. Agar hal ini tidak terjadi, lebih baik kamu lakukan enam hal di bawah ini sebelum berumur 30 tahun. 

Menabung. Jangan tunggu hingga kamu tua baru menyisihkan sebagian uang yang kamu dapat per bulan. Selagi kamu masih muda, sisihkan minimal 10% dari seluruh pendapatanmu. Karena, uang ini bakal menyelamatkan hidupmu di masa depan. Bukan tahun depan atau beberapa tahun ke depan. Tapi ketika kamu sudah ingin beristirahat dari pekerjaanmu. 

Mandiri. Tak harus tinggal terpisah dari orangtua. Mandiri bukan hanya sekadar tinggal di rumah sendiri. Tapi ketika kamu bisa memberikan sedikit bantuan kepada orangtua. Ketika kamu bisa menyelesaikan masalahmu sendiri tanpa harus ada penengah. Ketika kamu bisa berdiskusi dengan orang lain menentukan pilihanmu sendiri dalam hidup. 

 

A photo posted by Archiv/e Magazin (@archive_mag) on

Tanggung jawab. Anak-anak muda kerap merasa keputusannya di masa lalu adalah kesalahan. Padahal, tak ada keputusan yang salah, selama kamu bertanggung jawab atas keputusan yang sudah kamu ambil. Kamu harus belajar bertanggung jawab mulai dari hal kecil. Sehingga ketika kamu sudah dewasa nanti, kamu tak akan pernah lari dan selalu menghadapi masalah dengan berani, serta menuntaskannya. 

 

A photo posted by Monkey Appetite 🙊 (@dilatarkan) on

Tentukan prioritas. Tidak semua orang bisa menentukan prioritas dalam hidupnya. Ada beberapa orang yang cerdas secara akademis. Nilainya tak pernah di bawah 9 bahkan 10. Tapi sayang, kuliahnya belum juga lulus di tahun kelima. Ini bukan karena kognisinya kurang, tapi karena dia tak pernah membuat prioritas yang baik dan benar. 

 

A photo posted by Sareena ! (@studyign_com) on

Rasa percaya diri. Anak muda sudah seharusnya percaya dengan kemampuannya sendiri. Kamu yang masih muda bisa berkarya sebaik para pakar. Bahkan lebih jago. Kalaupun belum juga berhasil dan sempurna, kamu masih punya banyak waktu. Yang penting, tunjukkan kalau kamu anak muda yang penuh ambisi dan selalu diikuti mimpi yang besar. 

Menjelajah. Jangan lupa untuk bereksplorasi dengan apa pun yang ada di sekitarmu. Atau berbagai hal yang menjadi minatmu. Jangan hanya duduk diam membicarakan hal-hal yang tidak penting. Menjelajah dunia di mana kamu tinggal itu jauh lebih baik dari pada bergosip. Dan, menjelajah bukan berarti kamu harus turun-naik gunung. Kamu bisa melakukannya dengan banyak berdiskusi, membaca buku, menonton film, dan lain-lain. Jangan sampai rasa ingin tahumu padam di usia muda. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading