Sukses

Lifestyle

Bukan Hanya Gelas Kaca, 5 Hewan Ini Juga Transparan

Fimela.com, Jakarta Alam memang penuh keajaiban. Banyak spesies hewan unik yang baru diketahui dan menarik untuk dipelajari. Ada hewan-hewan berwajah menyeramkan yang tinggal di laut dalam. Ada juga hewan-hewan langka yang jarang orang ketahui. 

Selain itu, ada juga hewan yang sebenarnya sudah kamu kenal dan sering lihat. Hanya saja, hewan-hewan ini berbeda spesies. Misalnya, seperti hewan-hewan bertubuh transparan. Kamu bahkan bisa melihat organ-organ tubuhnya dengan jelas. Kadang, kamu bahkan bisa melihat benda yang berada di balik tubuh hewan transparan ini. Nah, seperti apa saja hewan-hewan yang punya tubuh tembus pandang? 

Ubur-ubur. Yang terkenal dari hewan bertubuh transparan adalah ubur ubur. Tubuh tembus mereka menjadiakan hewan ini menarik dipandang saat berenang. Namun ubur ubur juga termasuk binatang bahaya untuk manusia.

 

A photo posted by Krystal Sutherland (@k_m_sutherland) on

Udang Hantu. Jenis crustacea ini sangat kecil membuat mereka hampir se transparan akuarium, di mana mereka kadang disimpan. Kamu bisa melihat urat-urat dan organ kecil dalam rubuhnya, dengan kasat mata.

Udang Hantu | via: nicobiohealth.com

Katak Transparan. Katak Kaca/Glass Frog yaitu hewan asli Venezuela yang termasuk ke dalam famili amfibi Centrolenidae (ordo Anura). Warna umum katak ini adalah hijau lemon. Namun kulit yang berhubungan dengan perut tampak transparan, sehingga organ-organ dalam seperti jantung, hati, dan organ pencernaannya terlihat jelas.

 

A photo posted by Froggy Beernut (@froggy_beernut) on

Kupu Kupu Bersayap Kaca. The Glasswing Butterfly adalah seekor kupu-kupu berkaki sikat yang sayapnya transparan. Jaringan antara urat darah halus dengan sayap-sayapnya tampak seperti kaca. Jenis kupu-kupu ini ditemukan di wilayah Amerika Tengah, membentang antara Meksiko hingga Panama.

 

A photo posted by Jane Nesbitt (@nesbitt.jane) on

Barreleye. Barreleye fish (Macropina microstoma) adalah ikan air laut dalam yang memiliki kepala yang transparan. Ikan ini memiliki mata yang sangat sensitif terhadap cahaya (tertutup oleh lensa berwarna hijau cerah) dan pelindung berisi cairan di bagian kepalanya. Matanya menunjuk ke arah atas ketika ikan tersebut sedang mencari makan. Kedua bintik di atas mulut ikan itu bukanlah matanya. Itu adalah alat penciuman yang disebut nares.

 

✨@wowscience✨ ・・・ The #fish 🐟 with a transparent head! Very little light reaches the dark depths of the ocean. Consequently we see many adaptions regarding light among deep-sea organisms, from extreme sensitivity to bio-luminescence. But as strange as they can seem, the #barreleye fish blows them all away - it has evolved to see through its own head. The green orbs you see are its eyes, which spend most of their time gazing upwards through its transparent "forehead" for prey. This "forehead" is actually a fluid-filled sack. When it spots something it likes, it rotates them forward so its field of vision and mouth are now aligned to hunt. Until 2009 it was thought that these eyes were fixed staring upwards, but finding a live specimen revealed their mobility. The two spots you can see near the mouth are called nares, which the barreleye uses to filter the water for chemical traces. In addition to the stunning head adaptation, the yellow pigment of the eyes help the barreleye distinguish between sunlight from the surface and light coming from bio-luminiscent fish. A #fascinating example of evolution indeed #WowScience

A photo posted by YO (@yoana_de) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading