Sukses

Lifestyle

Soal Kericuhan di Lapas Banceuy, Ini Kata Menkumham

Fimela.com, Jakarta Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banceuy, Bandung, Jawa Barat mengalami kebakaran pada Sabtu, 23 April 2016. Dilansir dari Liputan6.com, Senin (25/4/2016), kebakaran tersebut diduga terjadi karena adanya kerusuhan warga binaan narapidanaa. Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Jodie Rooseto menjelaskan bahwa peristiwa kerusuhan napi narkoba tersebut terjadi pada pukul 08.00 WIB.

Kabarnya kerusuhan tersebut terjadi lantaran adanya seorang napi bernama Undang Kosim yang tewas bunuh diri. "Tadi malem ada riak-riak kecil, dengan dasar solidaritas sesama warga binaan dan ingin mengetahui penyebab kematian rekannya," jelas Jodie. Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengungkapkan bahwa akibat kerusuhan tersebut negara telah dirugikan hingga miliaran rupiah.

Ruangan kamar napi yang terbakar. (Liputan6.com/Okan Firdaus)

"Kerugian sekitar Rp 6 miliar. Itu sudah dihitung-hitung," terang Yasona. Terkait kematian Undang, Yasona meyakini bahwa Undang, napi yang sebelumnya diperiksa terkait penerimaan kantung plastik hitam dari seorang tidak dikenal tersebut memang karena bunuh diri. “Kalau ketahuan beliau (undang) tentu PB (Pembebasan Bersyarat)-nya dicabut, proses hukum baru. Bisa saja itu terjadi,” tegas Menkumham Yasonna Laoly.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading