Sukses

Lifestyle

Hari Bumi 2016: Ini 4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Hari Bumi 2016 yang mengambil tema “Tree for the Earth” telah berhasil diselenggarakan pada 22 April 2016. Lalu, apakah perayaan Hari Bumi yang bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap bumi itu usai sampai disitu? Tentu saja tidak, pasalnya Hari Bumi yang dirayakan oleh seluruh dunia tersebut bukanlah sekadar perayaan semata, untuk menjaga bumi ini ada banyak hal yang harus kita lakukan setiap harinya.

Pertama, Jangan Pernah Buang Sampah Sembarangan. Kalau kamu mengaku cinta sama bumi, tempat yang kita tinggali saat ini, maka jangan pernah membuang sampah sembarangan, mau itu yang bisa didaur ulang ataupun tidak. Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan. Sampah tidak hanya menimbulkan berbagai macam penyakit, tapi sampah juga bisa mengakibatkan datangnya bencana, seperti banjir.

Kedua, Pisahkan Sampah yang Bisa Didaur Ulang dan yang Tidak. Dibeberapa public area yang ada di Ibu Kota Jakarta memang sudah terlihat adanya tempat sampah yang memisahkan beberapa jenis sampah ini, namun sepertinya masyarakat masih belum memahami, sehingga masih ada yang membuang sampah asal atau tidak sesuai dengan jenisnya. Biasanya ada tiga jenis tempat sampah yang disediakan dengan berbeda warna, yakni sampah basah, sampah kering, dan limbah.

 

A photo posted by larisa (@larisanoonan) on

Ketiga, Jangan Bisanya Hanya Menebang, Tapi Kamu Juga Harus Menanam Pohon. Hari Bumi 2016 yang mengusung tema “Trees for the Earth” kali ini menargetkan penanaman pohon sebanyak 7,8 miliar pohon untuk bumi hingga tahun 2020 mendatang. Keberadaan pohon tidak hanya untuk memberikan rasa teduh, tapi pohon juga bisa mencegah terjadinya perubahan iklim secara global maupun lokal.

Keempat, Saling Mengingatkan dan Memberikan Pemahaman. Banyak orang yang tahu kalau membuang sampah sembarangan itu tidak baik, tapi kenyataannya masih banyak orang yang suka membuang sampah seenaknya. Oleh karena itu jangan pernah merasa lelah untuk saling mengingatkan dan memberikan pemahaman tentang budaya kebersihan serta menjaga lingkungan demi kehidupan seluruh manusia di bumi ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading