Sukses

Lifestyle

Penentuan Awal Ramadhan, Menag Gelar Sidang Isbat Sore Ini

Fimela.com, Jakarta Demi menentukan awal Ramadhan 1437 Hijriah, Kementerian Agama hendak menggelar sidang isbat yang dijadwalkan pada Minggu (5/6). "Kami akan mengundang para ulama, pimpinan ormas Islam dan pakar ilmu Falak untuk menghadiri sidang Isbat yang dilakukan pada 5 Juni sore," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Ambon, Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Rabu (25/5) kepada Liputan6.com.

Ia menjelaskan, sidang Isbat akan dilakukan setelah salat Magrib dan berlangsung tertutup di kantor Kementerian Agama. Dalam pertemuan tersebut pihak Kementerian Agama akan mendengar laporan dari sejumlah petugas yang disebar di sejumlah titik untuk melakukan pengamatan Hilal.

Warga bergembira menyambut Ramadan dengan melakukan pawai obor (Liputan6.com/Fadjriah Nurdiarsih)

Jika petugas melihat hilal, maka secara otomatis sidang Isbat akan memutuskan awal Ramadan jatuh pada Senin (6/6). Tapi jika tidak, maka awal Ramadan akan jatuh pada Selasa (7/6). "Jika petugas kita tidak melihat Hilal maka kita akan istimalkan bulan Syaban menjadi 30 hari, sehingga awal Ramadan jatuh pada Selasa nanti," kata Menag Lukman, seperti dikutip dari Antara.

Berdasarkan laporan Liputan6.com, Lukman berharap penentuan awal Ramadhan 1437 Hijriah dapat berjalan lancar dan tak terjadi perbedaan atau perdebatan oleh organisasi-organisasi Islam di Tanah Air.

Menyambut Ramadan, warga Jakarta melakukan pawai obor keliling kampung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading