Sukses

Lifestyle

Puasa Sehat ala Nabi Muhammad SAW, Diakui Ahli Kesehatan Sejagat

Fimela.com, Jakarta Berpuasa tiap bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Namun shaum ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah-salah kamu bisa dehidrasi, kurang gizi, atau malah jadi sakit hingga gak kuat menahan lapar dan haus seharian. Lalu bagaimana cara berpuasa anti-gagal? 

Yuk tiru tips sehat berpuasa ala Nabi Muhammad SAW. Pastinya saran dari junjungan umat Islam ini amat baik ditiru. Penasaran seperti apa caranya? Simak berikut ini yang dilansir dari Times Indonesia.

1. Sahur dengan air putih. Bersahur bukan hanya sekedar makan namun banyak berkah di dalamnya walau hanya dengan air putih. Meski cuma minum air, bisa menurunkan asam lambung, lho. Selain itu air putih juga melarutkan kotoran dalam tubuh hingga bisa dibuang melalui pipis atau keringat.

Ilustrasi empat gelas air mineral | Via: pinterest.com

2. Melakukan ibadah setelah sahur. Bukan hanya menambah pahala namun juga baik bagi tubuhmu. Para ahli kesehatan mengatakan jikatidur setelah makan akan membuat gerak saluran cerna meningkat sehingga pengosongan lambung lebih cepat. Karenanya Nabi Muhammad SAW menyarankan kita berjalan kaki ke masjid dan melaksanakan salat. Setelah itu melakukan aktifitas lain yang bermanfaat dan menambah amal seperti mengaji.

Ilustrasi baca Alquran | Via: aquila-style.com

3. Berbuka puasa secukupnya. Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Luar biasa petuah Nabi Muhammad SAW ini. Para ahli kesehatan pun mengakui jika makan tidak terlalu kenyang bermanfaat bagi dinding lambung. Kerja organ dalam itu jadi lebih ringan sehingga mengurangi nyeri dan efek robekan dari dinding lambung yang meradang.

Ilustrasi kurma untuk buka puasa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading