Sukses

Lifestyle

Good News Today: Buka Puasa Gratis, Uang Receh, Mudik Gratis

Fimela.com, Jakarta Berbeda keyakinan ternyata tak menghalangi semangat untuk saling berbagi. Ini tergambar dalam kegiatan Vihara Bodhimandala Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sanggar Suci umat Buddha ini membagikan santapan untuk buka puasa bagi umat muslim.

Warga Malang patut berbahagia nih, seperti yang dikutip dari Liputan6.com, sore itu, ada sekitar 100 porsi makanan dan kudapan yang dibagikan oleh pengurus vihara. Pembagian makanan digelar di pinggir Jalan Raya Malang-Surabaya, di bawah sebuah tenda yang berjarak sekitar 100 meter dari vihara. Berbagi makanan buka puasa ini adalah tradisi yang sudah mereka jalankan sejak 1998 silam.

"Kalau awal puasa begini memang porsi yang kita siapkan sedikit. Tapi lama-lama terus bertambah setelah nanti banyak yang tahu," kata Winantea Listihadi, rohaniawan vihara yang turut turun langsung membagikan makanan di Malang, Rabu (8/6/2016).

Lokasi berbagi makanan dipilih jauh dari vihara, karena dalam makanan itu ada daging hewan. Sementara umat vihara adalah vegetarian yang tak memakan daging. Kegiatan berbagi makanan ini akan berhenti H-2 Lebaran, lantaran saat itu sudah banyak warga yang mudik.

Kegiatan bagi-bagi sajian buka puasa gratis dari umat Buddha Vihara Bodhimandala Lawang, Kabupaten Makang, Jawa Timur, Rabu (8/6/2016). (via: Liputan6.com)

Kabar baik selanjutnya datang dari info bila BI mengumumkan ada strategi dalam penukaran uang receh. Dikutip dari Liputan6.com, bahwa kebutuhan uang kartal menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H diperkirakan naik 14,3 persen atau Rp 4,8 triliun dari tahun sebelumnya RP 4,2 triliun untuk wilayah Medan dan sekitarnya.

KPw Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan strategi pelayanan penukaran uang pecahan kecil atau uang receh kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan itu. Layanan penukaran oleh 11 bank di delapan penjuru mata angin yaitu Bank Mandiri, Permata, BNI, BPD Sumut, BCA, Mestika Dharma, Mega, Maybank, Danamon, BRI Syariah, dan BSM.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki uang logam dapat menukarkan di loket khusus mobil kas Bank Indonesia yang telah digunakan," ujar Direktur Eksekutif Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Difi Johansyah seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (8/6/2016).

Ilustrasi penukaran uang receh. (via: istimewa)

Nah, kabar baik yang ditunggu-tunggu bagi pemudik khususnya pemudik yang mengendarai motor, Astra Honda Motor (AHM) menyediakan 16 posko dalam rangkaian Bale Santai Honda. "Untuk menemani perjalanan para konsumen Honda, kami mendirikan 16 posko Honda yang terbentang dari Lampung hingga Bali baik dari jalur utara maupun selatan dalam rangkaian program Bale Santai Honda. Posko ini tersedia selama tujuh hari pada periode hari raya Idul Fitri," kata Johannes Loman, Executive Vice President PT AHM, di Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Loman mengatakan Bale Santai Honda meliputi layanan 10 AHASS siaga di 10 kota. Bahkan mereka turut membuka 72 Honda Care di 14 kota besar untuk perjalanan mudik gratis yang menggunakan sepeda motor. Di samping itu, PT AHM juga menyediakan program Mudik Balik Bareng Honda. Di sini, pabrikan menyediakan 54 bus dengan tujuan ke Semarang dan Yogyakarta.

"Kami membuat acara Mudik Balik Bareng Honda, untuk menemani konsumen yang ingin pulang kampung silaturahmi dengan keluarganya. Kami menyediakan 20 truk ekspedisi untuk mengangkut sekitar 1.000 motor Honda dan 54 bus untuk mengantarkan sekira 2.000 pemudik ke Semarang dan Yogyakarta," kata Loman.

Ilustrasi mudik gratis dengan motor. (via: Liputan6.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading